Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin: Banyak Negara Bajak Batik Jadi Warisan Budaya

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287320 menperin-banyak-negara-bajak-batik-jadi-warisan-budaya-P3V3U3Q8qW.jpg Batik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak masyarakat Indonesia bukan hanya mencintai batik, namun juga membeli produk berbasis batik. Hal ini bertujuan untuk mendukung industri Kecil Menengah di tengah pandemi sekaligus melestarikan batik di Tanah Air.

"Kita dukung pemulihan ekonomi IKM dengan membeli produk batik, sekaligus mendorong pelestarian di bumi Indonesia," kata Agus dalam peresmian Rangkaian Kegiatan Hari Batik Nasional 2020 secara virtual, Jumat (2/10/2020)

Dia juga mengatakan bahwa saat ini banyak negara-negara lain yang secara masif memproduksi batik dan membanjiri pasar global. Agus menilai langkah itu dilakukan untuk mengklaim bahwa batik merupakan budaya dari negara tersebut

"Saya mendapatkan laporan bahwa negara-negara lain banyak yang berusaha membajak batik sebagai warisan budayanya. Dengan menggunakan teknologi sehingga produk mereka itu membanjiri pasar dunia," jelasnya.

Agus juga sangat menyayangkan bahwa ternyata produk dari luar negeri itu masuk ke pasar Indonesia. Hal ini tentu akan mengganggu IKM batik yang ada dalam negeri

"Ini yang kita harus hati-hati dan waspada, kita harus jaga industri dan warisan budaya Indonesia dengan membeli produk berbasis batik buatan lokal," tandasnya.

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini