Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Santri Ponpes Husnul Khotimah Dipulangkan Usai Tes Swab Covid-19

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287545 100-santri-ponpes-husnul-khotimah-dipulangkan-usai-tes-swab-covid-19-DMs7TXEbt4.jpg Santri Ponpes Husnul Khotimah dipulangkan. Foto: Fathnur Rohman

KUNINGAN - Pihak Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, secara bertahap mulai hari ini, Jumat (2/10/2020) memulangkan santri yang dinyatakan sehat atau negatif terpapar virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Ponpes Husnul Khotimah Sanwani mengatakan, syarat untuk bisa memulangkan santri di ponpesnya adalah mereka harus dinyatakan negatif Covid-19. Atas dasar itu, pihaknya bahkan telah melakukan tes swab ulang untuk memastikan agar santri yang bakal dipulangkan benar-benar negatif.

Ia menyebut hari ini sekitar 100 santri di Ponpes Husnul Khotimah mulai dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Kita mulai pulangkan santri secara bertahap. Santri itu hasilnya negatif. Hari ini ada 100 orang mulai dilakukan pemulangan," ujar Sanwani kepada Okezone, Jumat (02/10/2020).

Ia melanjutkan, pihak pesantren terlebih dahulu menghubungi orangtua santri. Sehingga mereka bisa langsung menjemput anaknya di depan gerbang Ponpes Husnul Khotimah. "Kami memberitahu orangtuanya agar santri bisa langsung dijemput," ujarnya.

Sementara itu salah satu orangtua santri bernama Nur Anita Diastuti mengaku sangat menghargai keputusan yang telah dikeluarkan oleh Ponpes Husnul Khotimah. Sebab, pemulangan santri ini bertujuan untuk meminimalisir penularan Covid-19 di ponpes tersebut.

"Insya Allah ini keputusan terbaik. Semoga yang terpapar virus corona bisa sembuh," ungkap dia.

Terpisah, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan mengumumkan, jumlah kasus Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah 62 orang.

Baca Juga: Jadi Klaster Covid-19, Seluruh Aktivitas Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Dihentikan

"Untuk sampai hari ini benar ada penambahan di klaster Husnul Khotimah. Jumlahnya ada sekitar 62 orang yang dinyatakan positif," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, Indra Bayu.

Indra mengatakan, 62 orang ini dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti tes usap atau tes swab secara berkala beberapa waktu lalu. Mereka terdiri dari santri, pegawai, dan tenaga pengajar di Ponpes Husnul Khotimah.

Saat ini, kata Indra, dengan adanya penambahan tersebut maka total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ponpes Husnul Khotimah mencapai 155 orang.

"Harapan kita tidak ada lagi lonjakan penambahan yang signifikan. Karena berbicara swab maka ada dua kemungkinan. yaitu ada positif dan negatif," ucapnya.

Baca Juga: Bertambah 62, Kasus Positif Covid-19 Ponpes Husnul Khotimah Jadi 155

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini