Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kucing Ternyata Bisa Tularkan Virus Corona Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 620 2287825 kucing-ternyata-bisa-tularkan-virus-corona-covid-19-xgnOIRkSTY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STUDI terbaru menemukan bahwa kucing dapat menyebarkan virus Covid-19 ke kucing lainnya. Tapi, peneliti menekankan bahwa sampai saat ini belum ada bukti kalau kucing memiliki peran dalam penyebaran Covid-19 pada manusia.

Oleh karena itu, peneliti berharap agar pasien Covid-19 yang memelihara kucing menjauh sementara dari kucing kesayangan. Fakta lain yang ditemukan adalah kucing menyebarkan virus Covid-19 ke kucing lain yang tidak terinfeksi. Namun, kucing tidak memperlihatkan tanda-tanda klinis penyakit, beda dengan manusia.

Menurut laporan Huffpost, karena kekhawatiran pencinta hewan akan penularan dari manusia ke hewan peliharaan, para peneliti ingin menyelidiki kerentanan kucing maupun anjing terhadap infeksi, termasuk potensi penyebaran Covid-19 dari kucing ke kucing lain.

Baca Juga: DPR Harap Uji Klinis Alat Deteksi Covid-19 Lewat Hembusan Napas Segera Rampung

Studi ini dilakukan dengan menempatkan beberapa kucing yang terinfeksi Covid-19 di ruangan yang sama dengan kucing yang tidak terinfeksi. Setelah menunggu beberapa waktu, peneliti menemukan fakta bahwa kucing sangat rentan terhadap infeksi Covid-19. Proses penularannya itu dari mulut ke hidung.

Kabar baiknya, para peneliti menemukan bahwa kucing mengembangkan respons antibodi penetral yang kuat. Ini sangat penting untuk mencegah kekambuhan infeksi akibat paparan virus yang sama.

Sebaliknya, anjing tidak melepaskan virus setelah infeksi mulai terjadi. Namun, anjing menunjukkan peningkatan yang menurut peneliti disebut dengan 'antiviral neutralising antibody response'.

"Kucing peliharaan yang terinfeksi tidak boleh dibiarkan berkeliaran bebas di luar ruangan untuk mencegah potensi risiko penyebaran infeksi ke sesama kucing semakin luas, bahkan mungkin bisa menyebar ke hewan lainnya," kata peneliti.

Jadi, jika Anda dinyatakan positif Covid-19 dan memiliki kucing di rumah, pastikan kucing kesayangan Anda pun ikut diisolasi dengan harapan meminimalisir penyebaran virus ke kucing lain karena Anda membiarkannya berkeliaran bebas.

Profesor William Weir dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Glasgow mengatakan, studi tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan penting yang memerlukan perhatian lebih lanjut.

Sebab, kucing cenderung tidak hidup dalam koloni besar dan secara umum, merupakan hewan yang relatif soliter. "Jadi, seberapa sering penularan virus dari satu kucing ke kucing lainnya terjadi di lapangan?" tanyanya.

kucing

Baca Juga:  500 Ribu Hiu Harus Mati demi Selamatkan Manusia dari Covid-19

"Demikian pula seberapa besar kemungkinan manusia yang terinfeksi menularkan penyakit ke kucing peliharaannya? Apakah ada kemungkinan kucing menularkan ke manusia?" sambung dia.

Sebelumnya, Jonathan Ball, profesor virologi molekuler di University of Nottingham pernah menyatakan bahwa kucing menghasilkan tingkat virus yang sangat rendah. "Itulah sebabkan kucing diyakini tiak menularkan virus ke manusia," tegas dia.

Tapi, fakta yang tak bisa dielak adalah manusia bisa menyebarkan virus corona ke kucing. Ini tertuang di studi terbaru yang mengatakan bahwa terjadi 'zoonosis terbalik'. Jadi, penularan terjadi dari manusia ke hewan, padahal pada umumnya dari hewan ke manusia.

Karena itu, sangat disarankan untuk pasien Covid-19 pemilik kucing untuk tidak mengelusnya, membelainya, menciumnya, dan memastikan kucing kesayangan tidak menjilat Anda. "Kalau mau menyentuhnya, pastikan sudah cuci tangan terlebih dulu, sebelum dan sesudah," tulis laporan ini.

Lebih dari itu, Daniella Dos Santos, presiden British Veterinary Association merekomendasikan para pemilik kucing peliharaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memastikan hewan peliharaan ada di kandangnya. "Tapi, saran ini kami berikan jika kucing Anda memang suka berada di kandang," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini