Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PSBM Efektif Tangani Covid-19 Jika Pandemi Sudah Terkendali

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 620 2288247 psbm-efektif-tangani-covid-19-jika-pandemi-sudah-terkendali-sGpz12X1iC.jpg ilustrasi: shutterstock

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau lockdown mini lebih efektif dalam menangani pandemi Covid-19.

(Baca juga: Kasus Covid-19 Dekati Angka 300 Ribu, Epidemiolog: Imbas dari Deteksi Dini Masih Rendah)

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, PSBB maupun PSBM atau mini lockdown akan efektif dilakukan jika pemerintah sudah mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dengan menekan angka kematian dan positivity rate di bawah 5%.

"Ketika kondisinya di awal pandemi, jadi belum banyak kasus, belum banyak klaster. Kedua ini juga akan efektif ketika kondisi di wilayah tersebut sudah terkendali. Antara lain positivity rate di bawah 5 persen. Tidak ada kematian," kata Dicky kepada Okezone, Minggu (4/10/2020).

(Baca juga: Krisis Tenaga Kesehatan di Tengah Peningkatan Kasus Covid-19)

"Dan juga upaya yang dilakukan testing, tracing dan isolasi sudah memadai. Jadi itu bisa dilakukan, yang jelas pada saat ini belum bisa. Kita harus kendalikan dulu," tambah dia.

Ia menambahkan, PSBB maupun PSBM merupakan strategi tambahan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Menurut dia, strategi esensial dalam penanganan pandemi virus corona yakni dengan mengoptimalkan testing, tracing, dan isolasi/karantina.

"(PSBB atau PSBM dan mini lockdown) ini dua-duanya adalah bentuk strategi tambahan untuk memperkuat strategi fundamental, atau strategi esensial testing, tracing, isolasi/karantina," ujar Dicky.

Dicky memaparkan bahwa PSBM atau mini lockdown hanya kebijakan untuk memperkuat penanggulangan pandemi virus corona. "Jadi bukan strategi utama," tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini