Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Tidak Berfungsi Jika Terpapar Air Hujan, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 620 2289677 masker-tidak-berfungsi-jika-terpapar-air-hujan-kenapa-02STS0gqFw.jpg (Foto: Medicalnewstoday)

Sudah masuk musim hujan, semua orang diharapkan semakin memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Abai dalam menjaga kesehatan, maka akan sangat mudah sumber penyakit masuk di cuaca seperti sekarang.

Masalah tidak berhenti di situ. Dalam menyelesaikan pandemi Covid-19, para peneliti menemukan celah yang bisa membuat pandemi semakin lama menyerang di musim hujan. Hal ini didasari oleh anggapan tidak efektifnya penggunaan masker di saat musim hujan.

Ya, para ilmuwan mulai mendesak pemerintah untuk merilis kampanye kesehatan masyarakat yang memberi tahu orang-orang bahwa masker tidak akan efektif jika basah.

Dilansir dari HuffPost, desakan tersebut keluar setelah beberapa waktu lalu Inggris dilanda badai yang cukup parah. Setelah itu, Tim Spector, profesor epidemiologi genetik di King's College London menyatakan pada The Times bahwa sekarang masyarakat mesti diberitahu bahwa masker akan berdampak baik untuk perlindungan jika sering diganti dalam cuaca lembap dan basah.

Fakta yang mesti diketahui ialah masker bedah sekali pakai sangat rentan terhadap cuaca buruk. Dikatakan Paul Hunter, pakar penyakit menular dan profesor Kedokteran di University of East Anglia, pada dasarnya masker tersebut terbuat dari kertas.

"Jadi, masker itu memang difungsikan untuk menjebak virus, tapi ketika basah, masker itu jadi tidak berguna sama sekali," tegasnya.

 Sudah masuk musim hujan, semua orang diharapkan semakin memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: 5 Manfaat Ramuan Teh Kunyit Bagi Lambung, Bisa untuk Diet

Penting untuk diingat bahwa napas Anda saja sudah 'menghancurkan' masker secara perlahan. Karena itu keluar aturan untuk mengganti masker per tiga jam sekali demi menjaga fungsinya menghalau virus.

Masker lain seperti masker N95 atau masker kain pun dikatakan tidak berfungsi lagi ketika teksturnya basah. Karena itu, di cuaca yang lembap, penggunaan masker jenis apapun akan sangat rentan jika tidak rutin diganti.

Hal ini sejalan dengan saran yang disampaikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yaitu mengimbau masyarakat untuk mengganti masker segera setelah masker sudah lembap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini