Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angka Kematian Covid-19 di Provinsi Prioritas Alami Penurunan

Binti Mufarida, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 620 2292395 angka-kematian-covid-19-di-provinsi-prioritas-alami-penurunan-3WGkb442eE.jpg ilustrasi: shutterstock
A A A

JAKARTA - Angka kematian di 9 dari 10 provinsi prioritas penanganan Covid-19 seperti Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Aceh saat ini mengalami penurunan.

Demikian diutarakan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo, saat update Komite PC PEN - Vaksin Covid-19, Protokol Kesehatan, dan Antisipasi Bencana Banjir Musim Hujan di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta.

(Baca juga: Jokowi: Penurunan Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Kelihatan Sekali)

“Angka kematian menurun di 9 provinsi, hanya 1 saja yang masih belum mengalami penurunan cukup, itu Bali. Kemudian Jawa Timur dan Papua sempat naik tetapi turun lagi pada seminggu terakhir,” ujar Doni, Senin (12/10/2020).

Doni melanjutkan, tren angka kesembuhan meningkat di provinsi prioritas kecuali Papua. “Namun pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan dan juga Satgas telah bekerja sama untuk membangun Rumah Sakit Covid yang ada di Biak,” kata Doni.

(Baca juga: Hari Ini 154.532 Orang di Indonesia Dinyatakan Suspek Covid-19)

Menurutnya, dengan dibangunkan rumah sakit disana, diharapkan seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan Yapen Waropen dan juga Biak Numfor nantinya tidak perlu lagi dirawat di Jayapura. “Cukup di Biak saja. Jadi kalau kita lihat dalam 1 bulan terakhir trennya adalah membaik,”sambungnya.

Masih kata Doni, khusus untuk Jawa Timur sudah terlihat adanya kesungguhan penanganan Covid-19 sehingga angkanya terus mengalami penurunan dan tidak ada zona merah di sana. “Pada bulan Juni yang lalu, bapak Presiden berkunjung ke Jawa Timur memberikan beberapa penekanan dan arahan kepada Gubernur dan seluruh Bupati, Walikota serta semua pejabat yang ada di Jawa Timur.”

“Alhamdulillah hari ini Jawa Timur sudah selama kurang lebih 3 minggu terakhir sudah tidak ada lagi zona merah. Dan ini terlihat adanya sebuah kesungguhan yang sangat baik dari seluruh unsur pimpinan di Jawa Timur termasuk didukung oleh tokoh-tokoh yang ada, terutama tokoh agama,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengingatkan kepada semua pimpinan untuk melibatkan lebih banyak lagi tokoh-tokoh daerah termasuk juga mereka yang memiliki pengaruh sehingga masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kesadarannya.

Secara khusus dia juga berterimakasih kepada Bonek yang kini menjadi pelopor masyarakat Jawa Timur untuk patuh protokol kesehatan.

“Khusus pada Jawa Timur juga pada kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan Bonek di Jawa Timur yang semula masih banyak yang menolak menggunakan masker. Alhamdulillah hari ini Bonek justru menjadi pelopor untuk mengajak masyarakat menggunakan masker dan patuh kepada protokol kesehatan,” tutupnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini