Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Hasil Buruk di MotoGP Prancis, Vinales Kapok Coba Hal Baru

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 620 2292437 raih-hasil-buruk-di-motogp-prancis-vinales-kapok-coba-hal-baru-BMYGTfcgwV.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. (Foto: Twitter/YamahaMotoGP)

LE MANSMaverick Vinales melakukan balapan MotoGP Prancis 2020 dengan cara yang berbeda. Rider Monster Energy Yamaha itu tepatnya balapan tanpa menggunakan bantuan dari perangkat elektronik saat mentas di Sirkuit Le Mans, Prancis pada Minggu 11 Oktober 2020.

Hal tersebut dilakukan Vinales karena di sepanjang akhir pekan kemarin rider asal Spanyol itu nyatanya berhasil tampil baik ketika tak dibantu perangkat elektronik. Karenanya Vinales pun memberanikan diri melakukan hal yang sama saat balapan MotoGP Prancis 2020 berlangsung.

Akan tetapi, Vinales nyatanya justru meraih hasil yang buruk. Ia mengaku kesulitan mendengar suara mesin motornya karena suara motor dari tim lain tak kalah berisik. Gara-gara hal itu Vinales pun kesulitan untuk menilai motornya jelang balapan berlangsung.

Baca Juga: Meski Finis di Urutan Ke-10, Vinales Temukan Hal Positif dari MotoGP Prancis

Maverick Vinales

Gara-gara hal tersebut, Vinales pun pada akhirnya hanya bisa finis di urutan ke-10 di MotoGP Prancis 2020. Padahal rekan setim Valentino Rossi itu sudah mengawali race seri Prancis tersebut dari barisan kedua alias dari posisi kelima.

Tentunya Vinales telah belajar banyak dari kejadian tersebut. Ia pun enggan untuk mengulangi hal tersebut dan merasa kapok balapan tanpa bantuan dari perangkat elektronik yang menempel di motor YZR-M1 miliknya.

Sebab itulah pada balapan selanjutnya, yakni di MotoGP Aragon 2020 yang akan dihelat pada Minggu 18 Oktober 2020 nanti, Vinales memastikan akan kembali menggunakan perangkat elektronik. Vinales tampaknya kapok melakukan hal baru yang belum teruji betul dapat meningkatkan performanya ketika balapan berlangsung.

“Saya mencoba sesuatu yang berbeda pada awalnya (di MotoGP Prancis 2020, tetapi hal itu tidak berhasil. Saya mencoba memulai sendiri, berkendara tanpa bantuan elektronik. Selama akhir pekan itu ternyata berjalan sangat baik, saya berhasil tampil sangat cepat,” jelas Vinales, dikutip dari laman resmi YamahaMotoGP, Senin (12/10/2020).

“Akan tetapi, selama balapan hari ini, dengan semua kebisingan yang berasal dari motor lain di grid, saya tidak bisa mendengar motor saya dan tidak bisa akurat. Jadi, untuk balapan berikutnya kami akan kembali ke elektronik dan mencoba meningkatkan mulai dengan cara itu,” tambahnya.

Maverick Vinales

Selain karena tak memakai perangkat elektronik, Vinales meraih hasil buruk di MotoGP Prancis 2020 karena ia terlibat insiden dengan Rossi yang terjatuh ketika balapan baru benar-benar dimulai. Vinales tepatnya terlibat karena ia tepat berada di belakang The Doctor yang terpeleset di tikungan ketiga.

Beruntung Vinales tak ikut terseret dalam kecelakaan tunggal Rossi tersebut. Namun, karena demi menghindari Rossi, Vinales pada akhirnya melebar ke luar lintasan dan tertinggal dari para pembalap lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini