Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuota Pemain Asing Terbatas, Ozil Ditendang dari Skuad Arsenal

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 620 2294746 kuota-pemain-asing-terbatas-ozil-ditendang-dari-skuad-arsenal-yRl7uLOXtc.jpg Mesut Ozil ditendang dari skuad Arsenal (Foto: Twitter/@MesutOzil1088)

LONDON – Nama Mesut Ozil menghilang dari daftar skuad Arsenal untuk Liga Eropa 2020-2021. Sejumlah pihak menafsirkan kondisi itu sebagai cara klub membuangnya perlahan-lahan. Namun, Manajer Arsenal, Mikel Arteta, membantah hal tersebut.

Seperti diberitakan, nama Mesut Ozil dan Sokratis Papastathopoulos tidak dimasukkan oleh Mikel Arteta ke dalam daftar skuad Liga Eropa 2020-2021. Situasi itu memicu spekulasi bahwa kedua pemain sudah tidak lagi masuk dalam rencana sang manajer asal Spanyol.

Kebetulan, Arsenal dan Mesut Ozil tengah terlibat negosiasi alot terkait pemutusan kontrak. Sang pemain ingin menetap hingga 30 Juni 2021, sementara manajemen ingin menghemat uang dengan melepas pesepakbola yang digaji 350 ribu poundsterling (setara Rp6,66 miliar) per pekan itu.

Baca juga: 5 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Liga Inggris 2020-2021

Mesut Ozil dikeluarkan dari daftar skuad untuk Liga Eropa (Foto: Twitter/@MesutOzil1088)

Demi menjernihkan situasi, Mikel Arteta lantas angkat bicara. Pria berusia 38 tahun itu menegaskan Mesut Ozil dan Sokratis harus paham dengan keputusan itu. Nama keduanya tidak bisa masuk karena kuota pemain asing untuk Liga Eropa 2020-2021 terbatas.

“Keduanya harus menghormati keputusan itu, mencoba berlatih dengan cara terbaik, dan membantu tim sebaik mungkin, lalu kita lihat apa yang terjadi,” papar Mikel Arteta, dikutip dari Mirror, Jumat (16/10/2020).

“Itu adalah keputusan yang sulit karena harus meninggalkan pemain di level di mana mereka sama sekali tidak terlibat, pasti sulit diterima. Saya juga tidak menyukainya, tetapi keputusan harus dibuat karena kami hanya memiliki kuota terbatas untuk pemain asing,” imbuh mantan gelandang Everton itu.

Setiap klub peserta Liga Eropa diberi kesempatan mendaftarkan 25 pemain dengan berbagai ketentuan. Peserta wajib mendaftarkan minimal delapan orang yang pemain yang dilatih oleh klub di liga nasional yang sama dengan empat orang di antaranya berstatus didikan akademi.

Di luar delapan pemain tersebut, klub diberikan kesempatan mendaftarkan 17 orang pemain asing. Karena itu, nama Mesut Ozil dan Sokratis Papastathopoulos kemudian dicoret oleh Mikel Arteta. Sebab, mereka surplus pemain asing.

Membaca pernyataan Mikel Arteta, hanya Mesut Ozil sendiri yang bisa menentukan takdirnya. Ia diberi kesempatan untuk memberi kesan terbaik kepada sang manajer di lapangan latihan. Sebab, masih ada kans dilibatkan di Liga Inggris atau Piala FA dan Liga.

Andai pada akhirnya sama sekali tidak dilibatkan, Mesut Ozil bisa mengambil opsi tunduk pada kemauan Arsenal untuk memutus kontraknya. Dengan begitu, ia bebas pergi pada Januari 2021 dari Colney, markas latihan klub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini