Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kopi Andalan Indonesia yang Rasanya Mendunia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 620 2297833 6-kopi-andalan-indonesia-yang-rasanya-mendunia-TiW7B5cvfA.jpg Kopi Indonesia Yang Mendunia. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Kopi menjadi pilihan setiap insan di kala rasa ngantuk sedang menghinggapi di jam kerja. Kenikmatan menyesap kopi tentu membuat rasa kantuk hilang dalam sekejap.

Sebagai penikmat kopi asal Indonesia, tentu memiliki kebanggaan tersendiri. Pasalnya, Indonesia mempunyai 6 olahan biji kopi yang rasanya sudah mendunia.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Kopi Indonesia Mendunia

Dikutip dari Instagram kementerianpertanian, Kamis (22/10/2020), berikut 6 biji kopi yang rasanya mendunia :

1. Aceh Gayo

Salah satu kopi paling populer di dunia. Kopi Aceh Gayo ini termasuk jenis arabika karena tumbuh di ketinggian 1.000 hingga 1.200 mdpl. Selain itu, daerah Gayo juga sudah masuk sebagai daerah komoditas kopi internasional.

2. Sumatera

Kopi Sumatera diklaim paling seimbang karakter rasanya. Berbeda dengan kopi asal Amerika Latin yang ringan dan Afrika yang terlalu floralatau fruity. Karakteristik berbeda dari biji kopi ini dianggap pas untuk campuran bahan lain seperti gula dan susu, tanpa menghilangkan rasa dan aroma kopi.

Baca Juga: Hari Kopi Internasional, Sensasi Ngopi Buatan Barista Difabel

3. Jawa Barat

Merupakan gabungan dari berbagai jenis biji kopi yang ditanam di sana. Kopi Malabar, Pangalengan, dan lain-lain bersatu di bawah nama Jawa Barat. Kopi ini mulai diekspor pada 2012 lalu. Beberapa negara di Eropa dan Amerika adalah salah satu penikmat setia kopi ini.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Toraja

Kopi asal Sulawesi Selatan ini menjadi favorit di benua Eropa. Karakter rasanya cukup kuat dengan body tebal dan tingkat keasaman rendah.

5. Kintamani

Salah satu komoditas kopi nusantara yang juga cukup populer di dunia. Kopi Kintamani merupakan jenis kopi arabika, karena ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Letak kebunnya kebanyakan di dekat Gunung Batur.

6. Papua

Jenis kopinya adalah arabika. Pasalnya, daerah Papua memang cocok ditanami kopi arabika karena dataran yang cenderung tinggi. Semakin tinggi tanah yang digunakan untuk menanam kopi, akan semakin baik hasil kopi arabikannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini