Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Long Weekend, Ini Jalur Alternatif Hindari Macet di Bandung

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 620 2297928 long-weekend-ini-jalur-alternatif-hindari-macet-di-bandung-1hvohhg9E5.jpg foto: Okezone

BANDUNG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi libur panjang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad salallahu alaihi wasalam yang jatuh pada Rabu (28/10/2020).

(Baca juga: Momen Haru Pertemuan Trena dan Treni Setelah 20 Tahun Berpisah)

Diprediksi arus lalu lintas kendaraan di kawasan Bandung Raya (Kota/Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Cimahi) akan meningkat saat libur panjang.

Rekayasa lalin tersebut diterapkan secara situasional, tergantung situasi. Jika telah terjadi kemacetan dan antrean panjang kendaraan, sejumlah ruas jalan alternatif bisa digunakan para pelancong.

(Baca juga: Long Weekend Lalu Lintas di Bandung Bersahabat)

"Petugas akan mengarahkan mereka ke jalan alternatif tersebut untuk mengurai kemacetan," kata Kasatlantas Kompol M Rano Hadiyanto di Mapolrestabes Bandung, Kamis (22/10/2020).

Rano mengatakan, saat kepadatan arus kendaraan terjadi, misalnya di jalur arah kawasan wisata Lembang, Satlantas Polrestabes Bandung akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi.

Jika Polres Cimahi akan melaksanakan cara bertindak satu arah atau one way, Satlantas Polrestabes Bandung akan mendukung di kawasan perbatasan di Ledeng, Setiabudi, Kota Bandung.

Saat kemacetan semakin parah meski rekayasa one way telah diterapkan, petugas kepolisian akan melakukan beberapa pengalihan arus kendaraan ke jalan-jalan alternatif.

"Kalau one way (satu jalur) tidak dilakukan, sedangkan sudah terjadi kepadatan arus kendaraan yang mengarah ke Setiabudi, (kendaraan) dari bawah kami belokkan ke kiri ke Jalan Sersan Bajuri," ujar Rano.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan selama long weekend tersebut, Satlantas Polrestabes Bandung mengerahkan 200 personel kepolisian. Mereka di sebar ke beberapa titik yang kerap terjadi kepadatan arus lalu lintas kendaraan, seperti Jalan Dr Djunjunan atau Pasteur, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Jalan Setiabudi, Jalan Sukajadi, dan Jalan RE Martadinata (Riau).

"Anggota akan berjaga di titik-titik menuju tempat wisata. Misalnya di sepanjang Jalur Setiabudhi dan Sukajadi menuju Lembang," ujarnya.

Pihaknya juga melalukan penjagaan di gerbang tol masuk ke Bandung, seperti Pasteur, Kopo, Moh Toha, dan Buahbatu. Lalu di kawasan Dago. kemudian di tempat pertokoan yang ada di sepanjang jalan LLRE Martadinata atau Riau. "Kami juga di-back-up jajaran polsek. Khususnya di gerbang tol akan dilakukan pengaturan," tandasnya.

(fmi)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini