Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres Minta Santri dan Pesantren Tekan Angka Kemiskinan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 620 2298385 wapres-minta-santri-dan-pesantren-tekan-angka-kemiskinan-GdBM3u7y9Y.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pandemi corona (Covid-19) memberikan dampak multi sektor bagi perekonomian Indonesia. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk aktif berkontribusi dalam memulihkan dampak pademi.

Menurut Ma’ruf, dalam pemulihan ekonomi diperlukan semangat untuk bisa terus produktif dan berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu, juga diperlukan upaya gotong royong atau sinergi untuk sama-sama bisa memulihkan dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi.

Baca Juga: Indonesia Resesi, Kemiskinan hingga Pengangguran Melonjak

Tak terkecuali juga peran pesantren dan juga santri. Dirinya berharap peran aktif keduanya demi kemajuan bangsa dan menekan angka kemiskinan.

“Saya mendorong santri dan pesantren turut berkontribusi aktif demi kemajuan bangsa, menekan angka kemiskinan di masyarakat dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Sebab menurut Ma’ruf, peran santri dan juga pesantren memiliki potensi yang sangat besar. Berdasarkan data Kementerian Agama, saat ini terdapat 18.49 juta santri dari 28.194 pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan jumlah yang besar tersebut, maka santri dan pesantren memiliki potensi yang baik untuk menyejahterakan umat dan masyarakat sekelilingnya baik dalam bidang sosial maupun ekonomi.

“Jumlah yang sangat besar dan merupakan sebuah potensi yang perlu dikembangkan dalam mengembangkan ekonomi umat. Hal ini sejalan dengan harapan saya agar pesantren tidak hanya sebagai pusat pencetak ulama, tetapi juga harus mampu menjadi pusat pemberdayaan ekonomi,” kata Ma’ruf.

Baca Juga: Indonesia Resesi, Pengangguran dan Orang Miskin Bakal Makin Banyak

Ma’ruf juga beraharap agar para santri dan pesantren ini bisa lebih banyak berkolaborasi dengan pelaku industi besar. Sehingga kesejahteraan bagi umat dan masyarakat bisa terwujud

“Saya mendorong ke depan agar lebih banyak kolaborasi yang lahir antar santripreneur, maupun bekerja sama dengan pelaku industri besar sehingga membawa kesejahteraan bagi umat,” kata Wapres.

Follow Berita Okezone di Google News

(fbn)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini