Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuota Internet Cepat Habis? Ini Tips Efektif Menghematnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 620 2298791 kuota-internet-cepat-habis-ini-tips-efektif-menghematnya-3nWnyEalyR.jpg Ilustrasi kuota internet telepon seluler. (Foto: NordWood Themes/Unsplash)
A A A

DI masa pandemi virus corona (covid-19) ini banyak orang melakukan aktivitas dari rumah. Mulai belajar hingga bekerja. Tentunya langkah tersebut untuk mencegah persebaran wabah yang lebih besar.

Dalam beraktivitas dari rumah, dibutuhkan jaringan internet agar tetap terhubung dengan dunia luar. Jaringan ini membutuhkan kuota internet, terutama bagi pengguna telepon seluler.

Namun banyak orang saat ini mengeluhkan kuota internet yang mendadak boros atau cepat habis. Alhasil, pengeluaran menjadi bertambah untuk membeli kuota internet tambahan, kemudian aktivitas pekerjaan juga bisa terganggu.

Baca juga: Trio Astronaut Amerika dan Rusia Mendarat Selamat di Bumi 

Nah, bagaimana cara efektif menghemat kuota internet? Berikut ini tipsnya, sebgaimana telah Okezone rangkum.

1. Atur batas data

Cara termudah menghemat kuota data paket internet adalah mengatur aplikasi atau sistem Android smartphone itu sendiri. Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

Ilustrasi smartphone. (Foto: CardMapr Unsplash)

2. Maksimalkan bluetooth

Saat ini Anda selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk menyederhanakan proses transfer file atau data. Padahal, jelas ini membutuhkan kuota internet. Jadi, panggunaan bluetooth mampu menghemat kuota secara lebih lagi.

Baca juga: Peneliti Temukan Pegunungan Salju di Planet Pluto 

3. Mainkan game offline

Seperti diketahui, beberapa game memerlukan akses internet untuk dimainkan, dan ini sangat menyita kuota internet. Cara paling ampuh yakni menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun. Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline. Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan menyita kuota data lebih cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Batasi streaming

Aplikasi streaming kini sangat berlimpah. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video lainnya. Padahal dengan menggunakan ini, kuota internet akan cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming akses yang berlebihan juga akan menguras daya baterai.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru 

Ilustrasi smartphone. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini