Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Normalkah Pasutri Takut Berhubungan Badan di Masa Pandemi?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 620 2300273 normalkah-pasutri-takut-berhubungan-badan-di-masa-pandemi-Tz1d8TmJBe.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Tidak sedikit masyarakat merasa takut untuk berhubungan badan dengan pasangan di masa pandemi. Kekhawatiran itu berkaitan dengan adanya ketakutan akan penularan virus corona.

Ya, jika Anda dan pasangan kembali bekerja di luar atau pasangan bekerja di luar sedangkan Anda di rumah, kekhawatiran mereka yang dari luar membawa virus begitu tinggi. Alhasil, kecemasan apakah ada virus yang ikut jadi tinggi dan membuat Anda enggan melakukan hubungan badan.

Tapi, ketakutan itu sejatinya tidak perlu mencemaskan diri Anda. Diterangkan Dokter Spesialis Urologi Dr dr Nur Rasyid, SpU(K), sejauh ini penelitian tidak menemukan adanya virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 di urine, meski penelitian kecil memperlihatkan virus ada di sperma.

Ejakulasi Dini

"Menjadi catatan untuk semua pasangan suami-istri, penularan Covid-19 tidak bisa terjadi dengan aktivitas hubungan badannya, tapi risiko itu ada karena udara yang keluar dari mulut Anda atau pasangan yang ternyata positif Covid-19," papar dr Nur, dalam Webinar Men's Health and Couple's Well-Being Clinic RSCM Kencana, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga : Olah Udang Bareng Luna Maya, Chef Juna: Sekali-kalinya Masak Pakai Perasaan

Lantas, apakah saran menggunakan masker saat berhubungan badan harus dilakukan?

Bagi dr Nur, jika Anda maupun pasangan disiplin menjalankan protokol kesehatan di luar rumah, maka tidak perlu kemudian ada masker di antara Anda dan pasangan di atas ranjang. Karena itu, menjadi penting sekarang adalah upaya pencegahan dengan menerapkan 3M.

"Ya, 3M di luar rumah jadi kunci utama dalam menangkal paparan Covid-19, yaitu mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, dan menggunakan masker. Kalau Anda merasa ini sudah dilakukan dengan baik, ya, enggak usah khawatir berlebih untuk melakukan hubungan badan dengan pasangan," papar dr Nur.

Sementara itu, kekhawatiran lain yang muncul soal urusan ranjang di tengah pandemi adalah pria mengeluh libidonya lemah. Hal ini dikatakan Sosiolog dan Seksolog Klinis Sarah Melancon, PhD, sangat normal sekali.

"Tidak tertarik pada hubungan badan selama krisis global adalah hal yang normal," kata Sarah, dikutip dari Health Line.

Pasutri

Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa stres akibat pandemi memengaruhi libido seseorang. Itu pun dibenarkan oleh Lyndsey Harper, ahli Obgyn. "Stres benar-benar terbukti bisa mematikan libido," katanya.

Stres yang berkaitan dengan pandemi adalah stres finansial dan itu kenapa bisa sangat berdampak pada libido seseorang. Sebab, urusan finansial yang berkaitan dengan bagaimana seseorang bertahan hidup, memainkan peran penting dalam kehidupan seseorang dan ketika itu terganggu, akan menggangu juga kehidupannya secara keseluruhan.

"Stres karena bertahan hidup mengirim tubuh ke dalam kondisi bertarung atau lari, jadi satu-satunya hal yang penting adalah bertahan hidup, bukan berkembang biak dalam hal ini dikaitkan dengan hubungan badan," kata Melancon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini