Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Cegah Covid-19 saat Long Weekend, Tak Apa Pergi ke Kebun Binatang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 620 2301233 tips-cegah-covid-19-saat-long-weekend-tak-apa-pergi-ke-kebun-binatang-ncQZhlAsqO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LONG weekend memang menjadi saat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Oleh karena itu, meski pandemi Covid-19 belum juga hilang, namun tak sedikit masyarakat yang memiliki rencana untuk berlibur.

Berlibur mungkin memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan Anda yang berdiam diri di rumah saja. Akan tetapi, Anda masih bisa berlibur dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Melansir CDC, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah Covid-19.

Menjaga jarak

Tempat wisata yang padat pengunjung memang terdengar sulit untuk melakukan jaga jarak. Tetapi Anda masih bisa menyiasatinya dengan tidak mengunjungi spot yang ramai pengunjung.

Misalnya saat Anda pergi ke kebun binatang, lihatlah tempat yang sepi pengunjung, dibandingkan Anda harus mengunjungi macan yang sedang dilihat oleh banyak orang.

Membawa bekal

Alih-alih mampir ke restoran yang padat pengunjung ketika lapar melanda, lebih baik Anda membawa bekal dari rumah. Selain lebih terjaga kebersihannya, Anda juga bisa memilih spot yang sepi untuk menyantap makanan.

Kenakan masker

Gunakan masker sepanjang waktu saat Anda berlibur. Anda juga dianjurkan untuk membawa masker cadangan. Walaupun memakai masker, Anda juga tidak diperkenankan bernyanyi atau berteriak satu sama lain ya.

Mencuci tangan

Saat bepergian, kita mungkin menyentuh sesuatu, baik disadari atau tidak. Karena itu, jika menemukan wastafel, cucilah tangan Anda dengan sabun selama 20 detik. Jika dirasa sulit menemukan sarana cuci tangan, bawalah hand sanitizer dari rumah.

Tetap di rumah jika sakit

Jika Anda sudah berencana liburan tetapi tiba-tiba merasa sakit, Anda harus mengurungkan niat tersebut dan menundanya hingga Anda kembali sehat. Jika Anda berlibur di luar kota, Anda bisa beristirahat di hotel dan jangan meninggalkan kamar hingga keadaan membaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini