Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Media Kunci Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19

Binti Mufarida, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 620 2301984 media-kunci-komunikasi-publik-vaksinasi-covid-19-g3WoqYAW0o.jpg ilustrasi: shutterstock

JAKARTA – Pemerintah mengharapkan media berperan memberikan informasi akurat mengenai vaksinasi Covid-19. Apalagi, beberapa waktu lalu komunikasi publik terkait informasi vaksinasi Covid-19 di Indonesia mendapatkan perhatian khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(Baca juga: Penyintas Covid-19, Latief Siregar: Vaksin Adalah Harapan)

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, dalam penanganan Covid-19 perlu peran pentahelix dari semua unsur salah satunya media.

“Media berperan dalam pemberian informasi vaksinasi Covid-19. Sekaligus memaksimalkan peran pentahelix dan sinergi dari semua unsur vaksinasi untuk memutus mata rantai Covid-19. Elemen-elemen dari pusat dan daerah, tokoh agama, akademisi, dunia usaha dan media,” katanya dalam diskusi ‘Vaksin untuk Negeri’ secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

(Baca juga: Mantan Menkes Siti Fadilah Keluar Penjara Didampingi Putrinya)

“Tentunya pelibatan aktif media menjadi faktor kunci dalam komunikasi publik terkait vaksinasi Covid-19,” tegas Niken.

Niken melihat, saat ini sebagian kecil masyarakat masih enggan atau tidak percaya dengan vaksinasi Covid-19. Dan ini menjadi hambatan dalam pengendalian Covid-19. “

Di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia masih ada sebagian kecil masih enggan atau tidak percaya dengan adanya vaksinasi merupakan hambatan untuk melindungi dari penyakit berbahaya.

Dia juga menambahkan, saat ini masih banyak disinformasi dan hoaks terkait vaksinasi, terkait kehalalan, atau kejadian pasca imunisasi, serta efektivitasnya.

“Bisa jadi ini karena pengalaman buruk atau kurangnya informasi dari masyarakat. Sehingga masyarakat sering percaya terhadap ketidakefektifan vaksin,”ujarnya.

Sehingga, kata Niken dengan kerjasama dengan media pusat dan daerah ini sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai vaksinasi Covid-19.

“Ini sebagai bentuk koordinasi pemahaman masyarakat melalui para media mengenai vaksin. Dan juga program proses vaksinasi serta pengembangan vaksin Covid-19 untuk melawan Covid-19. Kami harapkan betul-betul media memberikan informasi yang benar terkait vaksinasi,” tegasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini