Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta di Balik Indonesia Tiru Thailand Kelola Dana Pensiun

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 620 2302137 6-fakta-di-balik-indonesia-tiru-thailand-kelola-dana-pensiun-PZLttvdIDG.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana mendesain ulang skema pengelolaan dana pensiun di Indonesia. Demi meraih potensi maksimal, dana pensiun harus dikelola dengan baik dan hati-hati.

Terkait hal itu, Okezone sudah merangkum beberapa fakta ihwal informasi tersebut, Jakarta, Minggu (1/11/2020).

1. Pengelolaan Akan Dilakukan Secara Tata Kelola Investasi yang Tepat

Pengelolaan dilakukan dengan tata kelola investasi yang tepat (proper investment governance), manajemen risiko yang efektif, mengedukasi transparansi dan akuntabilitas serta pengawasan yang kuat.

2. Akan Menyontek Skema di Thailand

Direktur Jenderal Anggaran (Dirjen Anggaran) Askolani mengatakan Indonesia akan mensontek skema pengelolaan pensiun dari negara Thailand.

"Kita perlu memastikan dana pensiun Indonesia sejalan dengan best practice internasional. Contohnya pada hari ini, bisa belajar dari pola pensiun Iran dan Thailand," ujar Askolani di Jakarta, Jumat (24/10/2020).

3. Pengelolaan Secara Baik Sebagai Prasyarat untuk Sistem Pensiun yang Matang dan Inklusif

Askolani mengatakan bahwa dana pensiun tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi dan pendalaman pasar keuangan tetapi untuk menyediakan perlindungan pensiun untuk seluruh orang Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan pengelolaan dana pensiun yang kuat sebagai prasyarat untuk sistem pensiun yang matang dan inklusif.

"Pengelolaan dana pensiun juga harus efektif diredesain dan diimplementasikan oleh institusi dana pensiun dan didukung oleh masyarakat," katanya.

4. Begini Desain Skema Dana Pensiun yang Baik

Desain dana pensiun yang bagus adalah ada keseimbangan antara keuntungan yang cukup, pendanaan yang terjangkau dan program yang berkelanjutan.

"Kita ingin mendesain dana pensiun Indonesia di masa depan," kata Askolani.

5. Industri Aset Dana Pensiun Terus Tumbuh

Saat ini industri aset dana pensiun terus tumbuh dari Rp561 triliun di tahun 2014 ke Rp834 triliun di tahun 2017, dana pensiun tidak memegang peranan yang signifikan pada perkembangan industri keuangan Indonesia. Sistem perbankan masih mendominasi industri keuangan Indonesia dengan porsi 78%.

6. Industri Dana Pensiun di Indonesia Masih Tertinggal dari 5 Negara di Asia

Sementara, dana pensiun hanya 2,5% dari total aset sektor finansial. Ukuran industri dana pensiun Indonesia dari total aset dana pensiun terhadap PDB juga masih jauh tertinggal dari peer countries seperti 5 negara Asia lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini