Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sustainable Fashion, Upaya Selamatkan Bumi dari Kerusakan Lingkungan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 620 2303307 sustainable-fashion-upaya-selamatkan-bumi-dari-kerusakan-lingkungan-09Vul1DHcu.jpg Sustainable fashion (Foto : Medium)
A A A

Dunia mode menawarkan keindahan secara visual, namun jika ditarik ke proses penciptaan, industri ini jadi penyumbang emisi karbon terbesar setelah industri migas. Fakta yang tak banyak orang tahu sepertinya.

Data Sustain Your Style 2020 menyebutkan bahwa emisi gas karbon yang dihasilkan dari industri fashion empat kali lipat lebih banyak dibandingkan produksi pakaian 10 tahun lalu. Bagaimana dunia fashion merusak lingkungan?

Dijelaskan dalam Webinar 'Fesyen Berkelanjutan di Masa Pandemi', industri fashion itu menghasilkan limbah dalam jumlah besar, mencemari air, dan juga jutaan pohon ditebang tiap tahunnya.

Sustainable Fashion

Hal itu pun coba dijabarkan Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Kementerian PPN/Bappenas, Woro Srihastuti Sulistyaningrum, industri fashion menghadapi tantangan lingkungan. Di sisi lain, industri ini terkait erat dengan ekonomi dan pendapatan masyarakat.

"Bila tak ditangani dengan bijak, akan menimbulkan kerentanan ekonomi khususnya bagi kaum perempuan yang menjadi tenaga kerja terbesar. Dibutuhkan kreativitas dan keberanian dari pelaku bisnis untuk mengubah paradigma dan pendekatan agar dampak terhadap lingkungan bisa dikurangi," papar Woro dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Sementara itu, terkait dengan dunia fashion di masa pandemi Covid-19, Pemerhati Fashion dan Penulis Budaya, Tenik Hartono, menyebutkan bahwa pandemi ini bisa menjadi momentum untuk memulai sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan.

"Saat ini pemenuhan kebutuhan pakaian untuk masyarakat menjadi back to basic lebih ke fungsional, daripada membeli koleksi, sehingga sustainable fashion menjadi valid," ungkapnya.

Kemudian, bagaimana memulai sustainable fashion yang digadang-gadang jadi jalan keluar masalah industri fashion merusak lingkungan?

Sustainable Fashion

Disampaikan Valentina Estiningsih, seorang pemerhati fashion, ada banyak bahan ramah lingkungan yang bisa dimanfaatkan untuk fashion, salah satunya serat kepompong ulat sutera dari tanaman singkong (Samia Cynthia Ricini).

"Budidaya ulat sutera ini telah diterapkan di Semarang. Selain berkelanjutan, pengembangbiakannya juga mudah dan pada akhirnya bisa menjadi penghasilan tambahan untuk measyarakat pedesaan. Tentu, ini juga membantu pengusaha UMKM atau pengusaha industri rumahan," terang dia.

Baca Juga : Yuri Gagal Bikin Tamago, Chef Renatta Moeloek: Lebih Baik Kamu Diam..

Perlu diketahui, pemanfaatan limbah atau material sisa yang diolah menjadi produk fashion telah berhasil dilakukan para penenun di Pringga Selatan, Lombok Timur, dan Sukarrara, Lombok tengah, NTT. Mereka memanfaatkan benang sisa tenun yang disambung menjadi sehelai yang kemudian dibuat menjadi Rerempeq (campur-campur).

Diterangkan Zicko Haiziah Gazali dari Nine Penenun atau Gema Alam yang melakukan pendampingan terhadap para penenun, awalnya Rerempeq ini dianggap tidak memiliki nilai ekonomis, namun setelah membuka pasar lebih luas melalui jejaring salah satunya EMPU dan menyertakan story telling, Rerempeq kini memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

"Keunikannya terletak pada limbah benang karena itu warna yang dihasilkan tidak akan sama satu sama lain," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Ditambahkan Chandrakirana Priyosusilo dari Sekar Kawung, belajar dari pengalaman masa lalu Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk fesyen berkelanjutan di antaranya yakni memanfaatkan landscape yang ada menghasilkan pangan dan sandang.

Salah satu upaya untuk itu yakni kembali memanfaatkan serat alam diantaranya serat dari pohon Randu Alas, Widuri dan juga Gewang. Tak hanya serat alam, Indonesia juga memiliki serat dari fauna yang berhabitat asli di hutan hujan tropis.

Sustainable Fashion

Mendukung fashion yang berkelanjutan, menurutnya, yakni dengan pola pikir slow fashion atau fesyen yang bermartabat dan berdaya hidup, kearifan lokal seperti masyarakat Sumba Timur bisa menjadi inspirasi, pakaian yang dibuat sendiri dan mereka kenakan sendiri.

"Bagaimana produksi pangan dan sandang itu bisa dihasilkan dari landscape yang sama secara berkelanjutan seperti yang dilakukan oleh budaya-budaya lokal Indonesia di zaman dulu. Satu lahan bisa menghasilkan fesyen, pangan, papan bahkan obat-obatan," katanya.

Ia menambahkan, diperlukan harmonisasi dari berbagai pihak yakni pemerintah maupun stakeholder terkait untuk bisa mewujudkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini