Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Long Covid-19 dan Gejalanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 620 2303437 fenomena-long-covid-19-dan-gejalanya-vFJqJToYWI.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pandemi Covid-19 belum usai, namun masyarakat dikejutkan dengan kehadiran fenomena Long Covid-19. Kejadian itu pun diketahui paling banyak menyerang pasien dengan gejala ringan.

Menjadi pertanyaan, apakah Long Covid-19 sama dengan Covid-19? Bagaimana fenomena ini bisa muncul dan apa efek terburuk bila pasien gejala ringan mengalami Long Covid-19?

Menurut Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, fenomena long covid-19 yang terjadi pada pasien terkonfirmasi positif PCR (terinfeksi Covid) adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19.

Isolasi Mandiri

"Istilah long covid-19 atau post acute Covid-19 adalah suatu gejala yang masih dialami seseorang, baik yang dialami penyintas Covid-19 maupun pasien yang masih mengalami gejala-gejala seperti saat terinfeksi Covid-19, sehingga perlu perawatan lebih lama di rumah sakit dari biasanya yaitu 3 minggu," papar dr Irhamsyah, menurut keterangan resmi yang diterima Okezone, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga : Yuri Gagal Bikin Tamago, Chef Renatta Moeloek: Lebih Baik Kamu Diam..

Mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan di Eropa, dikatakan bahwa 9 dari 10 pasien yang dirawat karena infeksi Covid-19 dapat mengalami long covid-19. Menariknya, data studi menjelaskan bahwa kebanyakan pasien yang mengalami long Covid-19 adalah pasien dengan gejala ringan.

"Long Covid-19 ini biasanya terjadi pada pasien dengan keluhan yang ringan atau mild symptoms (gejala ringan) dan rerata mengalami gejala long Covid-19 lebih dari 3 minggu bahkan berbulan-bulan setelah gejala awal dialami pasien," tambah dr Irhamsyah.

Ia menambahkan, dampak long Covid-19 pada si pasien tentu menyebabkan gangguan pada kualitas hidupnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari akibat gangguan secara fisik dan psikis akibat Covid-19.

Lantas, apa gejala yang dirasakan pasien long Covid-19?

Menurut Dokter Spesialis Paru Primaya Hospital Karawang, dr Nurhayati, SpP, karena pasien long Covid-19 lebih lama menderita Covid-19, gejala yang timbul bisa ringan hingga berat. Lalu, rasa sakit yang ditimbulkan biasanya bertahan lebih lama, ini tergantung dari berat ringannya gejala.

Sakit Kepala

"Makin berat gejala yang dialami, maka makin lama efek yang diderita si pasien. Gejala yang paling umum terjadi selama long Covid-19 adalah sakit kepala, myalgia (nyeri otot), juga pegal-pegal," kata dr Nurhayati.

"Long Covid-19 juga berkaitan dengan pengalaman psikis yang dialami pasien selama sakit. Penglaman tersebut kadang masih dirasakan si pasien meski dia sudah sembuh," sambungnya.

Dokter Irhamsyah menambahkan, beberapa kasus pasien long Covid-19 juga mengalami gejala seperti rasa lelah yang berlebih, gangguan napas, nyeri sendi, dan nyeri dada. "Bahkan, beberapa studi menjelaskan, pasien long Covid-19 dilaporkan mengalami gangguan psikis pada pasien pasca terinfeksi Covid-19," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini