Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan agar Tidak Mudah Sakit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 620 2305421 musim-hujan-ini-tips-menjaga-kesehatan-agar-tidak-mudah-sakit-gm9AyDyztl.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

Perubahan musim bisa jadi membuat tubuh harus melakukan adaptasi dengan perubahan suhu. Bila sehari-hari cuaca terasa panas dan terik, kini dengan musim hujan, suhu udara terasa lebih dingin dari biasanya.

Kuman dan bakteri boleh jadi menjadi semakin aktif pula dan mudah menyebar selama musim penghujan. Terlebih selama masa pandemi virus corona atau Covid-19, kesehatan dan imunitas tubuh harus tetap terjaga.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit, dikutip dari Avonhealthcare.

Tingkatkan Vitamin C

Vitamin C, baik dalam sumber alami atau suplemen dapat membantu mempercepat pemulihan dari serangan virus flu. Asupan sehat mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat antibodi dan mengurangi keparahan flu. Cobalah untuk memasukan paprika, pepaya dan nanas ke dalam makanan, karena mereka sumber vitamin C yang baik.

Sediakan Payung atau Jas Hujan

Para peneliti menemukan bahwa saat tubuh kedinginan, terutama bagian kaki, akan rentan terserang gejala flu. Cara agar dapat menjaga kehangatan tubuh adalah membatasi aliran darah ke kaki. Gunakanlah payung atau jas hujan jika terjebak dalam hujan.

Makan dan Minum Air Hangat

Hangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Teh hijau dan coklat panas adalah pilihan yang baik. Selain itu, semangkuk sup panas juga bukan ide yang buruk untuk menghangatkan tubuh.

Cara ini dapat mencegah Anda masuk angin atau infeksi lain yang terjadi karena perubahan suhu tubuh.

 Perubahan musim bisa jadi membuat tubuh harus melakukan adaptasi dengan perubahan suhu.

Baca juga: Tahu Mengandung Nutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Follow Berita Okezone di Google News

Menjaga Kebersihan Lingkungan Tetap bersih dan rapi

Pada musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun terlihat bagus dan nyaman, penting untuk dicatat bahwa kuman lebih cenderung menyebar, sehingga kebersihan adalah kuncinya.

Agar Anda tidak mudah masuk angin dan tetap bersih jagalah kebersihan lingkungan dengan cara mencuci tangan secara teratur.

Mandi Setelah Terkena Hujan

Mandi dengan air panas atau hangat, merupakan tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari kuman yang menyebabkan terjadinya infeksi di musim hujan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini