Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lorenzo Tak Mau Disalahkan atas Hasil Minor di Tes Portimao

Ezha Herdanu, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 620 2306123 lorenzo-tak-mau-disalahkan-atas-hasil-minor-di-tes-portimao-U0FyzJ7P2X.jpg Jorge Lorenzo (Foto: Media Yamaha Racing)

MALLORCA – Test rider Tim Yamaha, Jorge Lorenzo, akhirnya buka suara terkait hasil minor yang ditunjukkan kala menjalani tes di Sirkuit Portimao beberapa waktu lalu. Lorenzo menegaskan hasil minor tersebut sejatinya bukan sepenuhnya kesalahannya sendiri.

Sebagaimana diketahui, Lorenzo memang saat ini berstatus sebagai pembalap pengembang Tim Yamaha. Langkah tersebut ia pilih setelah memutuskan untuk pensiun sebagai pembalap profesional di akhir musim MotoGP 2019.

Akan tetapi kontribusi Lorenzo sebagai seorang pembalap pengembang Tim Yamaha nyatanya kurang optimal. Pasalnya dengan adanya wabah virus Corona (Covid-19), membuat jatah para test rider mencoba melakukan.

Jorge Lorenzo

Setelah hampir 8 bulan menganggur, Lorenzo pun akhirnya kembali dipercaya Tim Yamaha untuk melakukan uji coba pada motor mereka, yakni YZR M-1. Hal tersebut dilakukan dalam uji coba yang berlangsung di Sirkuit Portimao beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kiprah Alex Marquez Bersama Repsol Honda Dipuji Ayah Lorenzo

Dalam sesi uji coba tersebut, Lorenzo justru gagal memanfaatkan betul kesempatan yang diberikan oleh Tim Yamaha. Pasalnya, X-Fuera –julukan Lorenzo– gagal mencatatkan waktu terbaik, dengan hanya mampu menempati posisi paling buncit.

Hasil negatif yang didapatkan Lorenzo di tes Portimao pun membuat Lorenzo dikritik habis-habisan. Bahkan kondisi tersebut juga membuat masa depan Lorenzo sebagai test rider Tim Yamaha kian kencang dispekulasikan kelanjutannya.

Setelah cukup lama berdiam diri, Lorenzo akhirnya memberikan pembelaan terhadap hasil negatif yang didapatkannya kala tampil di tes Portimao. Lorenzo menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang membuat dirinya kesulitan meraih hasil maksimal pada tes tersebut.

“Pada Juni, saat Covid-19 sedang buruk-buruknya, Yamaha memberitahu saya bahwa saya takkan uji coba lagi. Jadi saya juga mengurangi intensitas latihan saya, karena saya juga tak tahu apa yang akan saya lakukan tahun depan,” ungkap Lorenzo, seperti disadur dari Sport, Minggu (8/11/2020).

“Apabila lanjut jadi test rider Yamaha, saya juga takkan menjalani uji coba sampai Februari 2021. Yamaha pun bilang ternyata ada uji coba di Portimao, demi persiapan balapan di sana. Saya pun kembali berlatih sekeras mungkin,” sambung pembalap berusia 33 tahun itu.

Baca Juga: Aprilia Disarankan Lebih Pilih Dovizioso ketimbang Lorenzo

“Akan tetapi, waktunya memang mepet dan saya pun tak tiba dalam kondisi terbaik. Hal yang membuat lebih kacau lagi, selama delapan bulan saya tidak dapat kans naik motor MotoGP, yakni motor yang sangat ekstrem.”

“Demi kembali tampil maksimal di MotoGP, Anda jelas butuh beberapa hari aklimatisasi, tak peduli apakah nama Anda Lorenzo, (Valentino) Rossi, atau (Marc) Marquez. Selain itu, Portimao juga trek yang sulit dan tak biasa, tim yang datang juga ditentukan pada menit-menit terakhir, pakai motor lama, atas alasan ini, kami jadi sulit kompetitif,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini