Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makna Sneakers yang Dipakai Kamala Harris Wapres Terpilih AS

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 620 2306178 makna-sneakers-yang-dipakai-kamala-harris-wapres-terpilih-as-oF3t70tkWL.jpg Kamala Harris (Foto : Instagram/@kamalaharris)

Tidak hanya Joe Biden, Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Kamala Harris juga menjadi perbincangan dunia. Gayanya saat berkampanye tentu masih terekam jelas di ingatan orang.

Kamala Harris dinilai sebagai sosok yang tangguh, percaya diri, dan fashionable. Ya, ada kesan modis yang terlihat dari Kamala Harris, terlebih hobinya menggunakan sneakers pun jadi bahan perbincangan.

Luar biasanya lagi, sneakers tersebut menjadi salah satu 'senjata' di setiap kampanye Pilpres AS kemarin. Tampilan tak biasa ini rupanya menjadi karakter Kamala Harris.

Vogue mencatat, pada 2017 ia menjadi senator Asia Selatan-Amerika pertama dalam sejarah AS dan menjadi perempuan Afrika-Amerika kedua yang terpilih menjadi senat untuk California. Di tahun ini, Kamala Harris menjadi orang Afrika-Amerika dan Asia-Amerika pertama yang terpilih sebagai calon wakil presiden Amerika Serikat.

View this post on Instagram

Laced up and ready to win.

A post shared by Kamala Harris (@kamalaharris) on

Pada September 2020, Harris menetapkan preseden untuk apa yang akan datang. Ya, ketika Kamala Harris turun dari pesawat di Wisconsin bukan dengan heels, melainkan sneakers yaitu Converse All Stars hitam. Di Amerika ada anggapan bahwa sepatu itu sepatutnya jadi alas kaki menuju kedai kopi, bukan di ranah politik.

Baca Juga : Kamala Harris, Wapres Terpilih AS yang Identik dengan Sneakers

Penampilan Kamala Harris yang nyentrik ini jangan dianggap sebagai upaya menarik simpatisan muda Amerika Serikat. Sebab, fakta menjelaskan bahwa Kamala sudah menggunakan sneakers sejak tahun lalu sebagai calon presiden.

"Saya melewati bandara dengan sepatu sneakers saya. Saya memiliki seluruh koleksi Chuck Taylors: Ada yang hitam, putih, jenis tanpa renda, jenis berbahan lace, ada yang khusus dipakai di musim panas, khusus di musim dingin, bahkan koleksi yang cocok dipadupadankan dengan setelan celana," katanya.

Lalu, pada Oktober 2020 Kamala Harris kembali hadir ke publik Florida dengan sneakers-nya. Sepatu tersebut memiliki beberapa simbol, seperti kalimat 'Black Joy', 'Stop Hate', dan 'Love 2020'. Beberapa sumber menilai, itu merupakan upaya mendamaikan dengan cara yang santai tapi pesannya sampai.

Kamala Harris

Apa yang dikenakan para politisi memang mencuri perhatian masyarakat. Publik diajak 'kepo' untuk melihat isi lemari para politisi tersebut dan karena itu jangan heran kalau sneakers Kamala Harris ini jadi perbincangan hangat masyarakat.

"Kita semua tahu bahwa pakaian memiliki kekuatan untuk meningkatkan kepercayaan diri, terutama yang membuat Anda nyaman. Kombinasi sneakers Kamala Harris dengan kalung mutiara misalnya, membuatnya sangat stunning di antara perempuan politik lainnya," lapor Vogue.

"Alih-alih merasa aneh dengan gaya berbeda, Kamala Harris malah menunjukkan bahwa perbedaan itu indah dan menyenangkan. Lagipula, Anda tidak akan pernah salah ketika menjadi diri sendiri," pungkas laporan Vogue.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini