Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak 7 Jurus Ketahanan Pangan RI di Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 620 2311586 simak-7-jurus-ketahanan-pangan-ri-di-tahun-depan-se0QX8kuAW.jpg Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah masih akan melanjutkan program stimulasi ekonomi pada tahun depan. Sebagai salah satu contohnya adalah program di sektor pertanian dan juga perikanan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pertanian dan ketahanan menjadi salah satu program utama pemerintah pada tahun depan. Nantinya, akan ada 7 program pertanian untuk mendukung ketahanan pangan.

“Program pertanian ketahanan pangan ada 7 program utama,” ujarnya dalam acara Jakarta Food Security Summit Virtual, Rabu (18/11/2020).

Program yang pertama adalah pembangunan food estate di Kalimantan Tengah. Disamping itu, pemerintah juga melakukan pembangunan kawasan hortikulturan di Humbang Hasundutan (Humbahas).

“Pembangunan food estate ini dalam rangka korporasi. Dan food estate disiapkan di Kalimantan Tengah dan juga kawasan Hrotikultura di Humbahas,” ucapnya

Selain itu lanjut Airlangga, pemerintah juga akan melakukan klusterisasi padi di beberapa daerah, sehingga diharapkan produksi padi dalam negeri bisa terus meningkat

 

Kemudian yang ketiga pemerintah juga akan mendorong produk hortikultura agar bisa berbasis ekspor. Di samping itu lanjut Airlangga, pemerintah juga akan membangun kemitraan yang inklusif untuk produk hortikultura.

Selain itu lanjut Airlangga, pemerintah juga melakukan pengembangan 5.000 desa sapi. Dan juga pemerintah melakukan pengembangan industri rumput laut di dalam negeri.

“Dan tentu mendorong dorong koperasi baik petani dan nelayan apalagi UU Cipta Kerja membuat pembentukan koperasi petani dan nelayan di permudah,” jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini