Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Psikolog: Optimistis Selama Pandemi Covid-19 Bisa Tumbuh dengan Bercocok Tanam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 620 2313513 psikolog-optimistis-selama-pandemi-covid-19-bisa-tumbuh-dengan-bercocok-tanam-XmSc4SzYyE.jpg Ilustrasi (Foto : Momjunction)

Belum lama ini publik dikejutkan kabar tanaman hias Philo dan Caladium yang dihargai satu unit mobil ratusan juta rupiah. Kejadian tersebut terjadi di Kediri. Karena kejadian itu, minat masyarakat dalam bercocok tanam di kala pandemi Covid-19 dikabarkan semakin tinggi. Jangan heran kalau tetangga Anda belakangan ini rutin beli tanaman hias, karena memang hobi ini sedang nge-hype.

Banyak alasan yang mendasari hobi bercocok tanaman di kala pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah manfaat kesehatan mental yang bisa didapat karena memelihara tanaman, sebut saja meningkatkan optimistis yang setiap harinya luntur karena ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Tapi, apakah hal itu benar adanya atau hanya kibulannya penjual tanaman hias supaya 'jualannya' laku?

Psikolog Klinis Meity Arianty menjelaskan bahwa bercocok tanam memang menjanjikan manfaat yang baik untuk kesehatan mental, salah satunya menumbuhkan sikap optimistis yang mungkin semakin hari terus berkurang karena pandemi belum juga usai.

"Sikap optimis itu muncul sejalan dengan rasa puas Anda melihat tanaman yang Anda tanam semakin hari semakin subur atau juga berbunga. Jadi, rasa puas itu yang jadi suntikan optimistis dalam diri," kata Mei melalui pesan singkat dengan Okezone, Jumat (20/11/2020).

Berkebun

Mei melanjutkan, seperti kita tahu tanaman memiliki banyak manfaat seperti manfaat psikologis. Ini terbukti dari saat Anda memandang tanaman dan menghirup udara segar dari tumbuh-tumbuhan di sekitar, Anda akan merasa lebih sehat.

Baca Juga : Mengenal Philo dan Caladium, Tanaman Hias yang Viral Ditukar Mobil Ratusan Juta

Selain itu, memelihara tanaman di sekitar hunian juga bisa membantu Anda lebih rileks, membantu mengurangi stress, dan memberikan rasa nyaman dan damai. "Sehingga mengurangi rasa cemas dan takut," tuturnya.

Lebih jauh lagi, Anda jadi termotivasi dan bergairah karena hobi bercocok tanaman ini. Ya, kata Mei, itu karena ada perasaan senang dan otomatis akan membuat Anda semangat melakukan hal-hal positif.

Di sisi lain, manfaat kesehatan pun bisa Anda dapatkan dari memelihara tanaman di dalam rumah. Tentunya, jenis tanaman yang memang direkomendasikan untuk ditempatkan di dalam ruangan, ya.

Menurut penelitian yang dilakukan NASA, sambung mei, dengan adanya tanaman itu, Anda 'merasa' lebih sehat. "Itu karena diyakini tanaman hidup menjernihkan udara efek dari fungsinya yang bisa menghancurkan bahan kimia organik, sehingga secara otomatis membuat pernafasan jadi lebih lega dan lancar," tambahnya.

Berkebun

Sementara itu, ada 5 manfaat lain yang diyakini Mei bisa dirasakan bagi mereka yang bercocok tanam, yaitu:

1. Membantu mengatasi mood yang kurang nyaman karena sensasi tanaman membuat Anda lebih rileks dan ini yang kemudian membuat Anda merasa lebih tenang.

2. Membantu Anda lebih konsentrasi dan beberapa penelitian menyebutkan tanaman meningkatkan daya ingat sampai 20 persen.

3. Membuat tidur lebih nyaman karena perasan tenang.

4. Membantu psikologis lebih sehat karena perasaan nyaman dan bahagia.

5. Membuat lingkungan rumah jadi lebih asri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini