Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CDC Rekomendasikan Durasi Karantina Covid-19 Cukup 7 Hari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 620 2315821 cdc-rekomendasikan-durasi-karantina-covid-19-cukup-7-hari-OCpwNpzspG.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang mempertimbangkan untuk memperpendek durasi karantina Covid-19 jadi 7 hingga 10 hari menurut laporan ekslusif Street Journal. Aturan yang diberlakukan saat ini adalah 14 hari.

CDC berharap dengan adanya perubahan durasi karantina tersebut akan menginspirasi lebih banyak orang untuk mematuhi aturan karantina Covid-19.

Dalam pernyataan yang disampaikan ke kantor berita Fox News, juru bicara CDC menjelaskan bahwa pihaknya selalu meninjau panduan dan rekomendasinya sehubungan dengan pemahaman baru tentang virus yang menyebabkan Covid-19 dan akan mengumumkan perubahan tersebut jika diperlukan.

Isolasi Mandiri

Lebih lanjut, Henry Walke, manajer insiden CDC untuk Covid-19 response, mengatakan juga pada Wall Street Journal bahwa pedoman baru tersebut juga akan mencakup tes untuk memastikan seseorang negatif Covid-19 sebelum mengakhiri karantina. Jadi, begitu tes negatif, diartikan orang tersebut kemungkinan menginfeksi orang lain cukup rendah.

"Kami benar-benar berpikir bahwa pekerjaan yang telah kami lakukan dan beberapa studi yang kami miliki, serta data pemodelan yang kami miliki, menunjukkan bahwa kami dapat mempersingkat durasi karantina," kata Walke. Meski begitu, tidak jelas jenis pengujian apa yang akan diterapkan.

Baca Juga : Virus Corona Bisa Bertahan di Kulit Manusia hingga 9 Jam

Walker sadar betul bahwa dengan mengurangi durasi karantina, ada risiko beberapa infeksi terlewati, tapi ada hal lain yang dianggap lebih penting. Adalah bahwa orang-orang lebih baik dalam mematuhi waktu karantina ini jika durasinya hanya 7 hingga 10 hari.

Saat ini CDC mendefinisikan karantina sebagai upaya menjauhkan seseorang yang mungkin terpapar Covid-19 dari orang lain, yang maknanya berbeda dari isolasi. Ya, isolasi sendiri merupakan tindakan menjauhkan seseorang yang terinfeksi virus dari orang lain, bahkan di rumah mereka sendiri.

Isolasi Mandiri

CDC menyarankan agar Anda yang melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19, tidak termasuk mereka yang tertular virus dalam 3 bulan terakhir, untuk memasuki masa karantina selama 14 hari setelah kontak terakhir dengan orang yang sakit. CDC juga menekankan agar jika memungkinkan, mereka yang sedang karantina untuk menjauh dari orang lain, terutama mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

"Untuk semua skenario tersebut, bahkan jika Anda dites negatif Covid-19 atau merasa sehat, Anda harus tetap di rumah (karantina) karena gejala mungkin muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar virus," terang pedoman CDC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini