Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Pelabuhan Patimban, Menhub Yakin Ekspor RI Makin Lincah

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 620 2317352 ada-pelabuhan-patimban-menhub-yakin-ekspor-ri-makin-lincah-lWAZJs6BnT.jpg Pelabuhan (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyebut pembangunan Pelabuhan Patimban sangat penting. Sebab adanya Pelabuhan Patimban bisa menekan biaya logistik nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Patimban bisa meningkatkan efisiensi dari sisi pengiriman barang. Salah satunya adalah bisa menekan biaya logistik ekspor produk otomotif.

“Kita membahas keberadaan Patimban dan pengaruhnya kepada kinerja logisitik nasional. Pembangunan pelabuhan ini untuk menekan biaya logisitik nasional meningkatkan efisiensi ekspor Indonesia seperti otomotif terutama,” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: Menhub: Pelabuhan Patimban Beroperasi Terbatas Desember 2020 

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menyebut biaya logisitik Indonesia masih terlalu mahal dibandingkan negara lain. Bahkan jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura maupun Vietnam.

“Kita kalah dengan Vietnam bertolak dengan itu berapa biaya logistik kita,” ucap Budi

 

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan data dari Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) biaya logitiks Indonesia adalah sebesar 23% dari PDB. Budi berharap biaya logistik bisa ditekan hingga ke angka 17% dari PDB.

“Menurut ALFI biaya logistik 23% dari PDB. Kita berusaha menekan biaya logistik ini turun menjadi 17%. Tentu di tahun mendatang,” ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini