Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Keset Bisa Sebabkan Anak-Anak Diare Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 620 2326145 hati-hati-keset-bisa-sebabkan-anak-anak-diare-loh-x7WV48MCKx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESET jadi salah satu peralatan rumah tangga yang dipakai sehari-hari. Tahukah Anda bahwa keset rumah Anda jadi salah satu sumber bakteri.

Dalam penelitian, terdapat dua jenis bakteri yang muncul di keset. Terdapat Staphylococcus Aureus dan Escherichia Coli, yang tentunya memicu penyakit.

Bagaimana tidak, keset digunakan untuk mengeringkan kaki yang basah jika diletakkan di kamar mandi. Begitu juga dengan keset di depan pintu masuk rumah, digunakan untuk mengusap kotoran.

Tak heran bila kedua jenis bakteri tersebut bisa muncul secara alami. Apalagi jika Anda tidak menggantinya secara rutin minimal dua hari sekali.

Baca Juga: Delirium Jadi Gejala Awal Covid-19, Kenali Ciri-cirinya

diare

Dilansir Okezone dari lamam resmi Jurnal Unpad, Staphylococcus Aureus dan Escherichia Coli adalah jenis bakteri yang kerap menimbulkan diare. Hal ini tentu harus diwaspadai, terutama bagi anak-anak.

"Diare merupakan salah satu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang masih menjadi masalah utama dalam kesehatan masyarakat serta berpotensi mengakibatkan kematian," sebut jurnal tersebut.

Dalam penelitian selanjutnya, rupanya tak semua jenis keset rentan berisiko menularkan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Seperti keset diatomite dengan nilai evaluasi 3.3-3.9, yang berarti minim risiko paparan bakteri.

Perwakilan IUIGA Indonesia William Firman menjelaskan, keset anti-bakteri biasanya menggunakan bahan alami dari sedimen. Sehingga keset akan selalu kering, tidak licin dan tidak menjadi tempat bakteri berkembang biak.

 diatomit

"Cara perawatannya juga sangat mudah, bisa dibersihkan menggunakan kain basah atau air mengalir," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini