Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paolo Rossi Meninggal Dunia, Pernah Bantu Juventus Libas Liverpool

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 620 2327031 paolo-rossi-meninggal-dunia-pernah-bantu-juventus-libas-liverpool-SRQhaaOseP.jpg Paolo Rossi. (Foto/Juventus)

TURIN – Legenda dan pahlawan Italia di Piala Dunia 1982, Paolo Rossi, meninggal dunia di usia 64 tahun pada Kamis 10 Desember 2020. Dia juga merupakan pemain yang memiliki kenangan indah bersama Juventus saat membantu Bianconeri melibas Liverpool.

Rossi cukup ternama ketika bergabung bersama Juventus. Namun, dia kesulitan menembus tim utama.

Foto/France Football

Dia pun dipinjamkan ke Vicenza. Di klub tersebut performa Rossi menanjak. Pada 1981, ia pun kembali ke Juventus dengan performa yang lebih mentereng. Bahkan ia berhasil membawa Juventus meraih gelar Liga Champions pada 1984-1985.

Baca juga: Terpuruk Skandal Pengaturan Skor, Paolo Rossi Bangkit Jadi Pahlawan Italia

Pada laga puncak, Juventus sukses mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0. Akan tetapi, nama Rossi tidak tercatat sebagai pencetak gol di laga tersebut, tetapi secara keseluruhan turnamen, kontribusi Rossi benar-benar besar.

Penampilan Rossi pun juga gahar pada ajang tersebut. Ia berhasil keluar sebagai runner-up top skor di ajang tersebut dengan koleksi lima golnya.

Meski, bukan menjadi satu-satunya pemain Juventus yang tampil mentereng di Liga Champions 1984-1985, tetapi nama Rossi memang diperhitungkan. Torehan lima golnya cukup membanggakan untuk klub berjuluk Bianconeri tersebut.

Saat itu yang keluar sebagai top skor ada dua orang yakni Torbjorn Nilsson dari IFK Goteberg dan rekannya Rossi di Juventus yakni Michel Platini. Keduanya sama-sama mengemas tujuh gol di sepanjang turnamen.

Rossi lahir di Prato, Tuscan dan memainkan seluruh karier klubnya di Italia. Ia sempat dilarang bermain selama tiga tahun pada 1980 karena terlibat skandal pengaturan pertandingan atau saat itu dikenal dengan skandal "Totonero", tetapi dia selalu membantah telah melakukan kesalahan.

Foto/Reuters

Kasus Totonero berlangsung pada awal dekade 1980. Paolo Rossi kala itu bermain untuk Perugia. Skandal Totonero itu membuatnya dijatuhi hukuman larangan bermain selama tiga tahun. Akibat hukuman, ia absen membela Timnas Italia pada Piala Eropa 1980.Namun, hukuman tiga tahun itu dikurangi menjadi hanya dua tahun saja.

Rossi telah pergi. Ribuan pelayat turut hadir dalam proses pemakaman Rossi pada Sabtu 12 Desember 2020 di Vicenza, Italia.

Sejumlah mantan rekan setim Rossi seperti Marco Tardelli, Antonio Cabrini, Giancarlo Antognoni, Alessandro Altobelli, Franco Causio, Fulvio Collovati, dan Giuseppe Bergomi pun turut hadir dalam proses tersebut. Mereka pun terlihat membawa peti jenazah Rossi untuk dibawa ke Katedral Vicenza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini