Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Harus Anda Ketahui

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 620 2327223 5-efek-samping-vaksin-covid-19-yang-harus-anda-ketahui-PKKUi62XBD.jpg Ketahui efek samping vaksin Covid-19 (Foto : Medicaldaily)

Kebanyakan vaksin memiliki efek samping setelah disuntikkan ke tubuh, tak terkecuali vaksin Covid-19 yang sebentar lagi akan diberikan secara massal. Meski begitu, para ahli percaya bahwa manfaat dari vaksin Covid-19 jauh lebih banyak dibandingkan efek buruknya.

"Vaksin Covid-19 sangat penting bagi masyarakat dengan harapan mampu menjaga orang tetap sehat sehingga mereka dapat kembali bekerja, kembali sekolah, dan agar dapat benar-benar berkehidupan seperti biasa," kata Ahli Epidemiologi Penyakit Anak di Universitas Stanford, Yvonne Maldonado, dikutip HuffPost.

Membahas efek samping vaksin Covid-19, para ahli banyak merujuk pada dua vaksin besar yaitu produk Pfizer dan Moderna. "Keamanan vaksin ini dipelajari dengan cara yang sangat ketat, melalui uji coba fase satu, fase dua, dan yang terbaru fase tiga di mana puluhan ribu peserta studi menerima vaksin," terang William Moss, direktur eksekutif Pusat Akses Vaksin Internasional Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg.

vaksin covid-19

Terkait dengan efek samping jangka pendek, Moss mengatakan bahwa vaksin virus corona ini menunjukkan efek yang sama dengan kebanyakan vaksin yang sudah ada. Masalah tersebut muncul hanya pada sekitar 5 persen hingga 15 persen peserta.

"Yang kami ketahui adalah orang yang divaksin mengalami peradangan atau reaktogenisitas dan ini mewakili respons sistem kekebalan tubuh terhadap vaksin," tambah Moss.

Sementara itu, efek samping pasca-vaksin berupa nyeri di tempat suntikan, demam ringan, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. "Efek ini bertahan sekitar 12 hingga 36 jam usai disuntikkan," kata Moss.

Perlu masyarakat ketahui, baik vaksin Moderna maupun Pfizer, seseorang harus mendapatkan dua kali suntikkan, itu berarti Anda akan disuntik dua kali dalam waktu yang singkat untuk mendapatkan perlindungan yang efektif.

Dalam kedua percobaan dua perusahaan itu, tampaknya ada lebih banyak reaksi setelah dosis kedua, tetapi efek sampingnya tetap ringan sampai sedang pada angka sekitar 90 persen sampai 95 persen kasus.

vaksin covid-19

"Dalam beberapa penelitian Moderna, sekitar sepertiga orang yang disuntikkan vaksin Covid-19 mengalami demam setelah dosis kedua diberikan, tapi tidak memberikan efek pada suntikkan pertama," kata Maldonado. Efek sakit kepala dan nyeri umum yang lebih parah pun muncul di pemberian vaksin kedua.

Sementara itu, pada kasus vaksin Pfizer, tingkat sakit kepala, demam, nyeri, dan sakit badan juga meningkat setelah dosis kedua. Tetapi Moldanado menekankan bahwa efek samping yang dilaporkan sebagian besar ringan sampai sedang, bukan parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini