Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tantangan Penuhi Kebutuhan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 620 2329374 6-tantangan-penuhi-kebutuhan-pangan-di-masa-pandemi-covid-19-EFP38S4NgB.jpg Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengganggu seluruh sektor usaha di Indonesia. Hal itu disebabkan oleh karena adanya pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Peneliti Puslit Ekonomi LIPI Purwanto mengatakan setidaknya ada enam tantangan yang harus dihadapi pemerintah agar pasokan pangan tak terganngu. Pertama, ialah menjaga kapasitas produksi pertaniam.

"Melakukan pencegahan agar tak terjadi klaster Covid-19 di sektor pertanian," kata Purwanto dalam diskusi virtual, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Rekomendasi Bank Dunia untuk Ketahanan Pangan RI 

Kedua, mengatasasi hambatan distribusi pangan antar wilayah dan inter wilayah. Di mana harus menjaga ketepatan waktu pengiriman, volume, harga dan kualitas.

"Ketiga, menjaga stabilitas harga pangan pokok atau sembako, flutktuasi yang terkendali dana kenaikan harga temporer," ujarnya.

Dia menambahkan, pemerintah harus mengedukasi masyarakat untuk segera mengubah sistem belanja dari sistem ofline ke daring. Sebab, kini akibat adanya pandemi, transformasi digital bejalan lebih cepat.

"Kelima, menjaga volume perdagangan internasional dari ancaman krisis pangan global. Terakhir, memperbaiki pola konsumsi masyarakat dari asal perut kenyang menjadi pola pangan dengan gizi seimbang," kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini