Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO: Vaksin Covid-19 Tidak Mengakhiri Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 620 2330028 who-vaksin-covid-19-tidak-mengakhiri-pandemi-hlW7otaCkE.jpg Vaksin Covid-19 tidak akan akhiri pandemi dalam waktu dekat (Foto : Medicaldaily)

Seorang pejabat Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingati masyarakat semua bahwa vaksin Covid-19 bukanlah senjata utama mengakhiri pandemi. WHO menegaskan pandemi Covid-19 tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

"Hadirnya vaksin memberi cahaya di ujung lorong, tetapi vaksin bukan 'peluru perak' yang akan mengakhiri pandemi dalam waktu dekat," kata Takeshi Kasai, direktur regional WHO untuk Pasifik Barat pada kantor berita SCMP, dikutip dari Fox News.

Ia tak memungkiri bahwa semua orang lelah dengan pandemi Covid-19. Tapi, perjuangan kita semua jangan berhenti hanya karena adanya vaksin. "Kita semua harus tetap berpegang pada kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, karena itu menyelamatkan diri kita pun orang di sekitar kita," tambahnya.

Suntik Vaksin

Kasai menyarankan agar semua orang tetap rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak aman setidaknya 2 meter, dan menghindari tempat yang ramai karena berisiko tinggi terjadinya transmisi virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Baca Juga : Siap-Siap, Ini Efek Samping Usai Vaksin Covid-19

Di lain sisi, prioritas penerima vaksin harus menjadi perhatian utama semua negara. Salah satunya adalah kelompok berusia 60 tahun atau lebih, mereka ini menurut WHO harus didahulukan menerima vaksin.

"Karena itu, skala dan jenis investasi yang tepat perlu dibuat dan harus ada dosis yang memadai untuk memvaksinasi populasi prioritas tersebut hingga akhir 2021," paparnya.

Kasai menambahkan, untuk orang lain di luar kelompok prioritas, WHO menjelaskan perlu menunggu 12 hingga 24 bulan sampai kelompok prioritas mendapatkan jatah vaksinasi Covid-19 secara adil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini