Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurgen Klopp Kembalikan Wajah Lama Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 06:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 620 2331233 jurgen-klopp-kembalikan-wajah-lama-liverpool-91he9kSIZU.JPG Jurgen Klopp (Foto: Premier League)

LIVERPOOL Liverpool baru saja meraih kemenangan besar pada pekan ke-14 Liga Inggris 2020-2021. The Reds –julukan Liverpool– menang 7-0 atas Crystal Palace. Kemenangan itu membawa Liverpool memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 31 poin.

Juru taktik veteran, Sven-Goran Eriksson, pun menyanjung kinerja Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool. Menurutnya, Klopp telah melakukan pekerjaan luar biasa, yaitu mengembalikan wajah lama Liverpool sebagai tim yang disegani seperti dulu.

Roberto Firmino vs Palace (Foto: Reuters)

Klopp datang ke Liverpool menggantikan Brendan Rodgers pada pertengahan musim 2015-2016. Klopp, yang punya pengalaman manis memoles Borussia Dortmund, melakukan hal serupa di Liverpool.

Namun, era awal Klopp di Liverpool tidak berjalan mulus. Liverpool mampu tampil apik, tetapi kerap gagal meraih trofi. Meski begitu, masa sulit itu dibutuhkan Liverpool untuk berkembang menjadi tim kuat dan bermental baja seperti sekarang.

BACA JUGA: Diburu Barcelona, Mohamed Salah: Semua Terserah Liverpool

Liverpool mulai memetik buah dari kinerja Klopp pada dua musim lalu saat menjuarai Liga Champions. Sejak itu, Liverpool menambah tiga trofi lagi ke lemari prestasinya. Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019-2020, Piala Dunia Klub 2019-2020, dan Liga Inggris 2019-2020.

Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris pada musim lalu sangat spesial. Sebab, prestasi itu mengakhiri 30 tahun penantian Liverpool untuk kembali menjadi tim terbaik di Liga Inggris.

Kinerja Klopp di Liverpool membuat Eriksson kagum. Eriksson, yang merupakan penggemar Liverpool, senang dengan permainan The Reds sekarang. Dia pun berharap The Reds akan tetap perkasa untuk waktu yang lama. Tantangan terbesar Liverpool sekarang adalah berjaya di semua kompetisi, terutama Liga Inggris.

"Klopp adalah manajer Liverpool (yang paling saya kagumi). Saya berpikir tentang pekerjaannya dengan Liverpool akhir-akhir ini. Saya tidak berbicara tentang musim lalu, tetapi bahkan musim sebelumnya juga bagus,” kata Eriksson, mengutip dari Sky Sports, Senin (21/12/2020).

Jordan Henderson (Foto: Reuters)

“Tim ini memainkan sepakbola yang sangat bagus. Dia membuat para pemain bekerja sangat, sangat keras dan Anda bisa melihatnya di pertandingan. Lalu, mereka memenangkan gelar,” tuturnya.

“Membawa Liverpool juara Liga Inggris lagi setelah bertahun-tahun, itu luar biasa. Saya pikir dia telah membuat Liverpool menjadi, seperti mereka bertahun-tahun yang lalu. Saya berharap mereka tetap di sana,” ucap Eriksson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini