Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Penularan Covid-19 di Kendaraan Pribadi Lebih Tinggi dari Pesawat

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 620 2331412 terungkap-penularan-covid-19-di-kendaraan-pribadi-lebih-tinggi-dari-pesawat-KHEfNHGK76.jpg Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mencatat penularan virus corona (Covid-19) lebih tinggi terjadi di angkutan darat, yakni kendaraan pribadi.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono. Menurutnya tingginya penularan itu karena kendaraan pribadi tidak ada aturan untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi apabila dibandingkan dengan transportasi umum, seperti pesawat dan kereta api, kendaraan pribadi lebih tinggi penularannya," ujar dia dalam webinar digelar MTI bertajuk Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: 5 Daerah yang Wajibkan Pelancong Bawa Hasil Rapid Antigen 

Dia menjelaskan, kendaraan pribadi yang melakukan perjalanan darat akan melakukan impor Covid-19 dan bahkan berpotensi besar terjadi transmisi lokal.

"Hal ini dikarenakan kendaraan darat itu memiliki karakteristik khusus, door to door. Maka ini yang perlu untuk dipantau. Dan mungkin jalan keluarnya bagaimana, karena ini persoalannya penting," ungkap dia.

Pihaknya juga bersama beberapa pihak akan melakukan peran yang aktif kepada pemerintah untuk memberikan suatu sikap yang diharapkan bisa membuat masukan untuk pemerintahan.

"Tentu ke depan MTI bersama-sama dengan stakeholder terkait mengambil alih peran aktif untuk memberikan satu sikap," tandas dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini