Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Dewi Perssik Buktikan Ruam Kulit Adalah Gejala Covid-19!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 620 2333773 kasus-dewi-perssik-buktikan-ruam-kulit-adalah-gejala-covid-19-lM09WNvCWS.jpg Dewi Perssik (Foto : Instagram/@dewiperssikreal)

Penyanyi Dangdut Dewi Perssik positif Covid-19. Kabar tersebut disampaikan Dewi di Instagram belum lama ini.

Di unggahan itu, Dewi Perssik memperlihatkan kondisi tubuhnya saat infeksi Covid-19 menyerang. Gejala yang dia alami adalah ruam kulit yang terlihat hampir menutupi seluruh bagian wajahnya, hingga ke leher.

Banyak dari Anda mungkin heran, infeksi Covid-19 kok menyebabkan kulit wajah merah-merah atau dalam istilah medis ruam kulit?

Dewi Perssik

Dermatologis atau dokter kulit ternyata enggak heran kalau ada pasien Covid-19 yang mengeluhkan ruam kulit. Sebab, gejala tersebut memang dapat mengindikasikan adanya infeksi virus dalam tubuh.

"Banyak infeksi virus yang memengaruhi kulit, jadi tidak mengherenkan kalau kami melihat adanya gejala ruam kulit pada pasien Covid-19," kata penulis studi Dr Veronique Bataille, konsultan dermatologis di Rumah Sakit St Thomas dan King's College London, dikutip dari laporan Covid Symptom Study ZOE.

Baca Juga : Dewi Perssik Positif Covid-19 dengan Gejala Ruam Kulit, Normalkah?

Bataille menambahkan, namun penting bagi masyarakat untuk tahu bahwa dalam beberapa kasus, ruam kulit mungkin merupakan gejala pertama atau satu-satunya gejala Covid-19.

"Jadi, jika Anda melihat adanya ruam di kulit, Anda harus menangani masalah tersebut dengan serius seperti langsung mengisolasikan diri dan melakukan tes sesegera mungkin," sarannya.

Dermatologis lain Dr Justine Kluk, konsultam dermatologi, menjelaskan bahwa kasus ruam kulit pada pasien Covid-19 menyoroti pentingnya mengawasi setiap perubahan baru pada tubuh Anda, tak terkecuali pada area kulit.

"Bukan cuma ruam, tapi juga benjolan. Pelaporan ruam kulit sebagai gejala Covid-19 dari para tenaga kesehatan juga bisa menjadi alat deteksi infeksi Covid-19 dan dengan begitu membantu menghentikan penyebaran lebih luas," kata Dr Kluk.

Ya, masalah kulit lain menjadi catatan penting yang harus diperhatikan. Seperti dijelaskan dr Rashmi Sharma, konsultan dermatologi di Rumah Sakit Fortis di Delhi's Vasant Kunj, berbagai jenis ruam ditemukan pada pasien Covid-19.

"Saya pernah melihat ruam urtikaria dan ada laporan ruam jenis cacar air pada pasien Covid-19. Namun, menjadi masalah adalah tidak ada kejelasan bahwa apakah kondisi tersebut terkait langsung dengan Covid-19 atau ada masalah lain. Beberapa kasus ruam diketahui terjadi karena infeksi virus memang, tapi kemungkinan lain adalah reaksi obat," paparnya, dikutip dari NDTV.

Ruam Kulit

Sementara itu, beberapa dokter kulit di India meminta kepada masyarakat untuk kemudian jangan panik jika mengalami ruam kulit. Sebab, kondisi tersebut bisa terjadi karena masalah lain yang juga terjadi berbarengan dengan pandemi Covid-19.

"Ruam kulit bukan satu-satunya cara mendiagnosis Covid-19 karena hal tersebut dapat terjadi pada banyak kasus, bukan hanya infeksi yang sedang mewabah ini," terang Direktur Riset Medis RS Jaslok, India, Dr Rajesh Parikh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini