Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Reuni Hipmi di Kabinet Jokowi, Ada yang Paling Senior

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 620 2334187 4-fakta-reuni-hipmi-di-kabinet-jokowi-ada-yang-paling-senior-zSlEEPhrUY.jpg Presiden Jokowi melantik Menteri dan Wamen (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo rombak jajaran Menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju. ADa sekitar 6 nama baru yang mengisi posisi Menteri dan 4 diantaranya merupakan Menteri Ekonomi.

Beberapa nama baru yang masuk adalah Sandiaga Uno yang menggantikan posisi Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Serta salah satu nama baru lainnya adalah M Lutfi yang menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Baca Juga: 4 Kader Hipmi di Kabinet Jokowi, Kepala BKPM: Kita Dipersatukan Kembali 

Dengan masuknya dua nama tersebut, maka lulusan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memiliki 4 nama di kabinet. Selain dua nama di awal, ada juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Ada sejumlah fakta menarik dari berkumpulnya 4 lulusan HIPMI di posisi kabinet ini. Berikut Okezone merangkumnya pada Minggu (27/12/2020).

1. Foto Muda Erick Thohir hingga Sandiaga Uno Viral

Foto muda Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno dan Mendag Muhammad Lutfi viral usai Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet. Usai pelantikan menteri, Erick Thohir pun mengunggah foto bersama dua sahabatnya.

 

2. Erick Thohir Pamer Foto Recreate di Instagram

Pasca serah terima jabatan, Erick Thohir langsung mengundang dua nama Menteri baru ke kantornya untuk foto bersama. Hasil foto bersama itu kemudian di upload di Instagram pribadinya.

Erick Thohir menyebut foto itu adalah hasil reka ulang foto 31 tahun lalu dengan orang yang sama. Namun, dalam foto yang baru ini tidak ada istri Sandiaga Uno yakni Nur Asia atau yang akrab disapa Mpok Nur. Posisinya digantikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

“Inilah hasil recreate foto 31 tahun lalu yang kemarin saya post, dengan Bang @sandiuno dan Mas Lutfi, tapi mpok @nurasiauno posisinya diganti Adinda @bahlillahadalia. Gimana, tetep keren ngga?,” tulis mantan bos Inter Milan tersebut itu di akun Instagramnya @erickthohir

3. Dibanjiri Komentar Netizen

Foto ini dibanjiri hampir 50 ribu like dari netizen, dan lebih dari seribu komentar. Banyak netizen yang takjub dengan pertemanan tiga menteri hebat tersebut.

“Ini baru namanya tongkrongan sehat,” ujar akun @shevanurhady21.

“Mantap 3 sekawan di kabinet, semoga bisa membantu pak jokowi secara maksimal, amin,” komentar akun @sisto_prasetyo.

“Bapak.. dilihat-lihat sekilas senyumnya mirip Han Ji Pyeong,” ujar akun @amegaam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini