Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deddy Corbuzier Pernah Idap Hernia Nucleus Pulposus, Penyakit Apa Itu?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 620 2334599 deddy-corbuzier-pernah-idap-hernia-nucleus-pulposus-penyakit-apa-itu-kdKFaUQ4y6.jpg Deddy Corbuzier pernah alami Hernia Nuckleus Puspolus (Foto : YouTube)

Sosok Deddy Corbuzier sangat identik dengan tubuh kekar dan sehat. Namun siapa sangka pria berkepala plontos ini dulunya pernah mengidap Hernia Nucleus Pulposus atau biasanya disebut dengan HNP. Akibat penyakit itu, mantan suami Kalina Oktarani ini harus duduk di kursi roda selama 4 bulan lamanya.

Melansir dari Mayo Clinic, HNP mengacu pada masalah dengan salah satu bantalan karet (disk) yang berada di antara tulang individu (vertebra). Bantalan tersebut menumpuk untuk membentuk tulang belakang Anda. Cakram tulang belakang memiliki pusat lunak seperti jeli (nukleus) yang terbungkus dalam bagian luar yang lebih keras dan kenyal (annulus).

Deddy Corbuzier

Kadang-kadang penyakit ini disebut cakram tergelincir atau cakram pecah. HNP terjadi ketika beberapa inti bantalan karet mendorong keluar melalui robekan pada anulus. HNP dapat terjadi di bagian mana pun dari tulang belakang, dapat mengiritasi saraf di dekatnya. T

Semuanya tergantung di mana HNP tersebut berada. Orang yang memiliki HNP akan merasakan nyeri, mati rasa atau kelemahan pada lengan atau tungkai. Sayangnya banyak pula orang tidak mengalami gejala HNP. Pembedahan atau operasi biasanya tidak diperlukan untuk meredakan penyakit ini.

Baca Juga : Cara Cegah Tulang Punggung Rusak, Penyakit yang Diidap Deddy Corbuzier

Penyebab Hernia Nuckleus Pulposus paling sering diakibatkan oleh keausan bertahap terkait penuaan yang disebut degenerasi diskus. Seiring bertambahnya usia, disk seseorang menjadi kurang fleksibel dan lebih rentan robek atau pecah bahkan dengan tekanan atau putaran kecil. Kebanyakan orang tidak dapat menentukan penyebab HNP mereka.

Terkadang, menggunakan otot punggung alih-alih otot kaki dan paha untuk mengangkat benda berat dapat menyebabkan HNP, seperti halnya memutar dan berputar saat mengangkat. Jarang sekali peristiwa traumatis seperti jatuh atau pukulan ke punggung menjadi penyebab penyakit ini.

Tindakan pencegahan

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan supaya seseorang terhindar dari HNP. Di antaranya adalah:

1. Olahraga

Memperkuat otot batang menstabilkan dan menopang tulang belakang.

2. Pertahankan postur yang baik

Ini mengurangi tekanan pada tulang belakang dan cakram. Jagalah agar punggung lurus dan sejajar, terutama saat duduk dalam waktu lama. Angkat benda berat dengan benar, buat kaki dan bukan punggung untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Berat Badan

Berat badan berlebih memberi lebih banyak tekanan pada tulang belakang dan cakram, membuatnya lebih rentan terhadap HNP.

4. Berhenti merokok

Hindari penggunaan produk tembakau apa pun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini