Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penderita Covid-19 Alami Ruam Kulit, Ini yang Mesti Segera Dilakukan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 620 2336089 penderita-covid-19-alami-ruam-kulit-ini-yang-mesti-segera-dilakukan-BsJ4q11blB.jpg Ilustrasi penanganan penderita covid-19. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu lalu penyanyi dangdut Dewi Perssik mengumumkan terinfeksi covid-19. Ia memiliki gejala yang aneh berupa munculnya ruam kulit berwarna merah di tubuhnya, termasuk wajah.

Terkait kondisi ini, Dokter Relawan Covid-19 Muhamad Fajri Adda'i mengatakan seseorang yang terinfeksi virus corona bisa saja menderita ruam kulit berwarna merah. Hal ini disebabkan banyak hal yang memengaruhi respons tubuh.

Baca juga: 4 Faktor Penyebab Ruam Kulit Penderita Covid-19 seperti Dialami Dewi Perssik 

Menurut dia, seseorang yang mengalami ruam kulit akibat covid-19 memiliki tingkat kesembuhan berbeda satu dengan yang lain. Hal itu tergantung kondisi tubuh masing-masing dan pengobatan yang dilakukan.

Dewi Perssik mengalami ruam kulit saat positif covid-19. (Foto: Instagram @dewipersikreal)

"Sembuhnya tergantung, ada yang skala cepat, ada juga dalam seminggu, empat hari maupun tiga hari hilang sendiri. Tapi bahkan ada yang sampai 130 hari belum hilang-hilang ruamnya, baru pakai obat dari dokter kulit," terang dr Fajri saat dihubungi Okezone, Selasa 29 Desember 2020.

Baca juga: Dewi Perssik Positif Covid-19 dengan Gejala Ruam Kulit, Normalkah? 

Ia mengungkapkan, melakukan komunikasi dengan dokter kulit adalah cara terbaik yang bisa dilakukan, sebab 45 persen lesi itu gatal.

"Obat gatal ada berbagai macam, jadi harus disesuaikan dengan tingkat keparahan seseorang," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini