Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Kecemasan Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 620 2337645 deretan-manfaat-matcha-untuk-kesehatan-bisa-kurangi-kecemasan-lho-aN2HzBJ1qS.jpg Matcha atau teh hijau bubuk berkhasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

MATCHA adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dihasilkan dari proses menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Selain diminum, matcha juga digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, serta wagashi.

Namun ternyata matcha juga memiliki khasiat lain. Matcha disebut bisa mengurangi kecemasan dalam diri seseorang. Ini sejalan dengan hasil sebuah penelitian yang menemukan teh matcha dapat mengatasi rasa cemas.

Baca juga: Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Matcha Asli dan Palsu 

Dikuip dari NDTV, Sabtu (2/1/2021), para peneliti telah menemukan teh matcha memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengurangi kecemasan. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of Functional Foods.

Sementara dalam penelitian yang dilakukan terhadap objek tikus, mereka menemukan kecemasan pada hewan pengerat itu berkurang setelah mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha.

Matcha

Menurut para peneliti, efek menenangkan muncul dari aktifnya reseptor dopamine D1 dan reseptor serotonin 5-HT1A. Keduanya memberikan pengaruh terhadap kecemasan.

"Meskipun penelitian epidemiologi lebih lanjut diperlukan, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa Matcha, yang telah digunakan sebagai obat selama bertahun-tahun, mungkin sangat bermanfaat bagi tubuh manusia," kata penulis utama penelitian ini Yuki Kurauchi dari Kumamoto University di Jepang.

"Kami berharap penelitian kami terhadap matcha dapat membawa manfaat kesehatan di seluruh dunia," tambahnya.

Baca juga: Matcha Mille Crepes Camilan Enak Buat yang Suka Greentea 

Adapun manfaat lain dari teh matcha untuk kesehatan tubuh manusia adalah:

1. Menjaga kesehatan hati

Teh matcha terkenal akan khasiatnya terhadap hati. kerusakan hati terjadi akibat adanya enzim yang meningkat. Teh matcha membantu mengurangi enzim hati tersebut sehingga mengurangi risiko penyakit hati.

2. Menurunkan tekanan darah

Antioksidan pada teh matcha dapat menurunkan tekanan darah. Jadi, lebih baik berhenti mengonsumsi pil untuk mengatur tekanan darah dan minumlah teh matcha.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh matcha membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ia mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Termasuk Kurangi Risiko Bayi Lahir Cacat 

4. Menurunkan berat badan

Teh matcha juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ia dapat memicu mekanisme pembakaran lemak. Dan meningkatkan metabolisme sehingga menurunkan berat badan secara efektif.

Teh matcha

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini