Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AlUla, Destinasi Wisata Sejarah di Arab Saudi Jadi Tuan Rumah KTT GCC Ke-41

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 00:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338635 alula-destinasi-wisata-sejarah-di-arab-saudi-jadi-tuan-rumah-ktt-gcc-ke-41-EJ4pW3m2ju.jpg Kota kuno AlUla, Arab Saudi, salah satu keajaiban dunia (SPA/Arab News)
A A A

ARAB Saudi menjadi tuan rumah KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) ke-41. KTT ini dipusatkan di kota kuno dan bersejarah, AlUla yang juga salah satu keajaiban dunia, pada 5 Januari 2021.

Lokasi KTT berlangsung di Maraya Concert Hall, sebuah bangunan berbentuk kubus yang ditutupi oleh lebih dari 9.500 meter persegi cermin yang menampilkan lanskap sekitarnya yang mencolok.

Diresmikan pada 2019 dan dijuluki "keajaiban cermin" karena lembaran kaca raksasa yang menempel pada bangunan, aula ini terletak di Wadi Ashaar, dekat jalan bebas hambatan vulkanik, dikelilingi oleh pegunungan.

Baca juga: Arab Saudi Cabut Larangan Perjalanan Wisata, Syaratnya Ketat

Dapat menampung hingga 500 tamu dan telah menyelenggarakan sejumlah acara budaya sejak pembukaannya.

ilustrasi

AlUla (Okezone.com/Amril)

Lokasi puncak sangat penting. Terselip di bayang-bayang Pegunungan Hijaz yang membentang di sepanjang wilayah barat, AlUla dulunya adalah kota yang ramai dengan aktivitas dan pengaruhnya mencapai seluruh Semenanjung Arab dan sekitarnya.

Saat ini, AlUla terus berkembang, dan bekas ibu kota perdagangan kerajaan kuno akan mengadakan salah satu puncak terpenting di kawasan itu, membangun kembali signifikansinya di dunia modern.

Dalam rapat kabinet mingguannya, Raja Salman bin Abdulaziz mengatakan bahwa dia berharap KTT itu berhasil mempromosikan aksi bersama dan memperluas kerja sama dan integrasi antar negara anggota.

Baca juga: India Buka Penerbangan ke Inggris Mulai 8 Januari 2021

Atas permintaan Raja Salman, sekretaris jenderal GCC, Nayef Falah Al-Hajjraf, mengundang para pemimpin negara anggota ke pertemuan puncak. Enam negara anggota GCC adalah Arab Saudi, UEA, Bahrain, Oman, Qatar dan Kuwait.

"KTT ke-41 menandai awal dari babak baru GCC saat memasuki dekade kelima," kata Al-Hajjraf seperti dilansir dari Arab News, Senin (4/1/2021).

Sheikh Ali Al-Khalid Al-Sabah, duta besar Kuwait untuk Arab Saudi, menggarisbawahi pentingnya sesi ke-41 dari KTT Teluk karena perkembangan politik di kawasan itu baru-baru ini.

Utusan itu mengatakan bahwa KTT yang diselenggarakan oleh Kerajaan akan memiliki suasana yang positif dan persaudaraan.

Suasana di antara para pemimpin GCC mencerminkan "semangat tanggung jawab dan keyakinan yang tulus akan pentingnya memperkuat solidaritas Teluk dalam menghadapi tantangan bersama dan membangun perdamaian dan stabilitas untuk kepentingan" dewan.

Follow Berita Okezone di Google News

Latar Belakang

Diresmikan pada tahun 2019 dan dijuluki sebagai 'keajaiban cermin' karena lembaran kaca raksasa yang menempel pada bangunan, aula ini terletak di Wadi Ashaar dekat jalan bebas hambatan vulkanik, yang dikelilingi oleh pegunungan.

Wilayah ini menghadapi tantangan politik dan ekonomi yang besar, katanya. Para pemimpin GCC akan membahas masalah ini dengan visi bersatu yang berasal dari keyakinan mereka pada takdir yang sama dan keinginan untuk melestarikan kepentingan negara-negara di kawasan itu dan masyarakat mereka.

Kerajaan menjadi tuan rumah KTT GCC untuk tahun ke-10. Lembah AlUla berisi sejumlah situs bersejarah yang pernah menjadi rumah bagi peradaban kuno Dadan dan Lihyan. Komisi Kerajaan untuk AlUla telah membuat misinya untuk mengembalikannya ke tempat yang selayaknya sebagai oasis budaya.

Diresmikan pada tahun 1981, KTT GCC diselenggarakan oleh Sheikh Zayed Al Nahayan di Abu Dhabi dan membuka jalan bagi kawasan itu untuk meningkatkan dan memperkuat kerja sama dan hubungan antar negara anggota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini