Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Menikah? Tanamkan Nilai-Nilai Penting Ini Terlebih Dahulu Ya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 620 2340293 ingin-menikah-tanamkan-nilai-nilai-penting-ini-terlebih-dahulu-ya-SrrV5n8icf.jpg Ilustrasi cincin pernikahan. (Foto: Shutterstock)
A A A

MENIKAH adalah tujuan hidup setiap orang. Ketika diri sudah merasa mampu, pernikahan akan mantap dijalani. Namun sebelumnya harus menanamkan nilai-nilai penting kebersamaan sebelum naik ke jenjang pernikahan. Pasalnya, ini akan membuat pernikahan menjadi langgeng.

Membangun hubungan dalam sebuah pernikahan tentu memerlukan dedikasi tinggi. Pasti ada suatu hal yang muncul dan menguji kekuatan serta persatuan hubungan pernikahan.

Baca juga: Viral Praktik Akad Nikah Anak SMA Ini Dikira Beneran 

Bukan sekadar melindungi dan membuat nyaman, tetapi komitmen dan kepercayaan Anda di dalam hubungan sangatlah penting.

Kunci keberhasilan suatu hubungan adalah saling terbuka dan mau mengalah. Adanya perbedaan perspektif adalah hal yang wajar, tinggal bagaimana Anda dan pasangan menyikapinya.

Buat kesepakatan untuk banyak hal, persetujuan, atau perjanjian yang sama-sama ditepati serta patuhi.

Seperti dikutip dari Lifehack, Kamis (7/1/2021), Anda bisa menerapkan 10 nilai penting ini dalam menjalin hubungan dalam waktu panjang.

Ilustrasi pernikahan. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

1. Kepercayaan

Ini merupakan nilai inti saat ingin dan sudah menjalin sebuah hubungan. Anda dan pasangan harus saling percaya satu sama lain, sehingga bisa menghadapi segala rintangan yang ada. Menurut sebuah artikel di jurnal Psikologi Strategis, kepercayaan merupakan bagian integral dari kebahagiaan dan pemenuhan hubungan. Baik dalam kehidupan pribadi, maupun profesional. Untuk membangun kesejahteraan bersama, sangat dibutuhkan adanya kepercayaan.

2. Loyalitas

Menurut Relationship Advice, loyalitas adalah dedikasi untuk mengetahui bahwa Anda hanya mengabdi satu sama lain. Semua pilihan dan keputusan yang Anda buat telah dipertimbangkan dengan pasangan. Komitmen dan ikatan ini tidak bisa dipatahkan karena saling setia. Jika kesetiaan telah tertanam dan tumbuh dalam diri Anda, hal ini mungkin akan membawa hubungan Anda dapat bertahan lebih lama.

3. Agama

Hal ini penting saat Anda membesarkan anak. Pengetahuannya tentang agama berawal dari kedua orangtuanya. Orangtua wajib memberikan pemahaman yang tepat mengenai agama. Ajarkan segala sesuatunya dengan sistematis dan perlahan agar anak menjadi lebih paham.

Baca juga: Pangeran William Diam-diam Lakukan Kunjugan Rahasia

4. Keluarga

Berada di dalam suatu hubungan bukan hanya tentang dua orang yang bertemu, melainkan juga menyatukan dua keluarga besar. Oleh karena itu, berbaktilah dan saling menghormati kepada keluarga dari pasangan Anda, layaknya Anda bersikap kepada keluarga sendiri. Ketika Anda sudah memiliki anak, keluarga memiliki peran penting dalam hidupnya, terutama kedua orangtuanya. Bimbing dan bantu mereka, perkuat ikatan hubungan kekeluargaan.

5. Komunikasi

Selain kepercayaan, komunikasi juga merupakan hal utama demi sejahteranya hubungan Anda. Berkomunikasi satu sama lain akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan dan mengenalnya sedalam mungkin. Jangan menyimpan segala sesuatunya untuk diri sendiri. Ceritakan saja semuanya kepada pasangan. Saling terbuka satu sama lain akan membuat pasangan Anda merasa diandalkan dan dipercaya. Masalah tidak akan terselesaikan jika tidak saling jujur.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Gaya hidup

Jika Anda telah memutuskan untuk mendampingi pasangan hingga akhir hidupnya, maka Anda juga harus saling menerima dan menyesuaikan gaya hidup masing-masing. Ciptakan ide-ide kreatif untuk menghabiskan waktu bersama. Melakukan banyak aktivitas bersama dapat menumbuhkan kebahagiaan yang luar biasa.

7. Kejujuran

Hal ini berkaitan dengan nilai kepercayaan dan komunikasi. Jika Anda dan pasangan saling tulus dan ingin membawa hubungan tersebut ke jenjang yang lebih serius, jangan pernah merusak sebuah kepercayaan dengan berbohong. Karena sekali terdapat pengkhianatan, akan susah untuk mendapat sebuah kepercayaan lagi.

Baca juga: Selain Ikan Cupang, Mahar Pernikahan Ini Bikin Geleng Kepala, Salah Satunya Sandal Jepit 

8. Disiplin diri

Terapkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam diri Anda terlebih dahulu. Disiplin tentang kebiasaan makan, menjaga kebersihan rumah, dan menunda pekerjaan. Dengan begitu, nantinya pasangan Anda akan terbiasa dan secara tidak sadar akan hidup disiplin juga seperti yang Anda terapkan. Hal ini juga dapat mengurangi timbulnya permasalahan dalam rumah tangga Anda.

9. Memperbaiki diri

Belajar dan tumbuh bersama adalah jalan menuju hubungan yang sukses. Oleh karena itu, jadilah contoh yang baik dan benar terlebih dahulu. Jika Anda ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi hingga sukses, komunikasikan kepada pasangan Anda. Beri tahu bahwa penantiannya ini tidak akan sia-sia karena Anda ingin menjadi pemimpin yang ia harapkan saat membangun rumah tangga nanti.

Baca juga: Viral Perempuan Datangi Pernikahan Mantan Suami, Baru 1 Bulan Cerai Lho 

10. Keuangan

Jangan pernah meremehkan nilai ini. Agar hubungan Anda berkembang, harus memiliki pemikiran dan tujuan yang sama dengan pasangan Anda tentang cara mengelola keuangan. Dengan dapat mengatur keuangan yang baik, masa depan Anda berdua dan keluarga akan terjamin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini