Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Tipe Bantal dan Kegunaannya untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 620 2341143 10-tipe-bantal-dan-kegunaannya-untuk-tingkatkan-kualitas-tidur-i7HJrHlvTH.jpg Ilustrasi tipe bantal meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

MUNGKIN terlihat sepele untuk memilih sebuah bantal karena yang penting ada penyangga kepala empuk saat tidur. Tapi nyatanya tidak jarang penyebab seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk datang dari kenyamanan posisi kepalanya.

Inilah yang membuat banyak produsen bantal terus berinovasi dalam memilih material yang baik untuk setiap masalah kenyamanan. Mulai bantal yang cocok untuk ibu hamil hingga perawatan penyakit.

Baca juga: 4 Manfaat Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kulit 

Melansir dari laman Real Simple, Jumat (8/1/2021), bantal yang baik akan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Apa saja bantal itu? berikut daftarnya.

1. Bantal hipoalergenik

Bantal ini dibuat khusus dengan menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang menimbulkan gejala alergi dan sekaligus menghilangkan paparan tungau debu.

Bantal. (Foto: Silentnight)

2. Bantal bulu

Ada dua jenis bulu, feather dan down. Jika feather adalah bulu lembut yang lebih besar dan berbentuk. Sementara down, bulu yang lebih kecil, lebih lembut, dan tidak berbentuk. Dua bulu ini biasanya berasal dari bebek dan angsa. Bantal dengan material ini akan sangat empuk dan memberikan pengalaman tidur yang lebih nyenyak.

3. Bantal lateks

Bantal lateks teksturnya lebih kokoh. Bahannya berasal dari pohon karet dan ini juga hipoalergenik.

Baca juga: Selain Uang, 4 Barang Ini Tak Boleh Ditaruh di Bawah Bantal Lho 

4. Bantal memory foam

Memory foam atau busa memori ini cocok untuk yang menyukai bantal yang kokoh tapi tetap lembut. Bantal ini bagus untuk yang mengalami ketegangan dan nyeri pada leher atau bahu.

5. Bantal shredded foam

Shredded foam masih sama seperti memory foam, tapi teksturnya lebih empuk. Terdiri dari potongan-potongan busa, maka bantal ini mudah dibentuk sesuai kenyamanan.

6. Bantal microbead

Bantal ini diisi dengan ribuan microbead atau manik-manik lembut dan kecil yang baik untuk kepala, leher, dan bahu. Selain itu, bantal ini juga breathable.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Tidur Pakai Bantal Atau Tidak? 

7. Bantal pendingin

Seperti namanya, bantal pendingin atau cooling pillow ini benar-benar memberikan sensasi menyejukkan. Ada yang menggunakan bahan gel pendingin, ada juga yang memakai kain breathable yang dapat membantu mengatur suhu tubuh.

8. Bantal perjalanan

Dikenal juga dengan travel pillow. Dikarenakan ditujukkan untuk dibawa saat perjalanan, bantal ini didesain kecil dan bahkan ada yang bisa ditiup. Umumnya bantal ini berbentuk huruf U.

9. Bantal wedge

Bantal ini bisa mengangkat kepala lebih tinggi dan sangat berperan untuk meredakan dengkuran, GERD, mulas, refluks asam, apnea, dan sebagai penyangga pinggang bawah saat duduk. Ada dua macam bantal wedge yang ditiup dan berbahan busa.

Baca juga: Solusi Tidur Peluk Pasangan Tanpa Kesemutan 

10. Bantal kehamilan

Bantal kehamilan umumnya berbentuk huruf C atau melingkari tubuh. Hadir dalam berbagai ukuran dan bahan. Disesuaikan untuk memberikan kenyamanan untuk ibu hamil saat tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini