Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora Indikasikan Timnas Indonesia Divaksin Covid-19

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 620 2344007 menpora-indikasikan-timnas-indonesia-divaksin-covid-19-kGYy7vTvKc.jpg Menpora Zainudin Amali (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, melakukan konferensi pers virtual melalui zoom pada Rabu (13/1/2021). Beliau membahas tentang vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada atlet, ofisial, dan pelatih dari berbagai cabang olahraga (cabor), terutama yang akan bertanding, baik dalam ajang internasional maupun nasional jika memungkinkan.

Alhasil, para pemain, ofisial, dan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia ketegori U-16, U-19, U-23, dan senior juga akan mendapatkan vaksinasi. Pelatih Shin Tae-yong dan staf dari Korea Selatan (Korsel) juga akan divaksin karena merupakan bagian dari tim.

Menpora Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

Namun, jadwal pemberian vaksin ditentukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bukan Kemenpora. Kemenpora hanya menyerahkan data-data tentang atlet, ofisial, dan pelatih kepada Kemenkes. Menpora menekankan, bahwa penyuntikan vaksin diutamakan bagi para atlet, ofisial, dan pelatih dari semua cabang olahraga (cabor) yang akan berkegiatan.

BACA JUGA: Skuad Timnas Indonesia U-19 Tak Boleh Telat saat Makan Bersama

"Vaksinasi untuk semua atlet dan ofisial, termasuk pelatih, yang bakal mengikuti turnamen dan lain-lain dalam waktu dekat, kami upayakan untuk diprioritaskan," kata Zainudin Amali, Rabu (13/1/2021).

"Tak ada pembatasan. Penentuan siapa yang lebih dulu berdasarkan waktu kegiatan. Datanya akan kami serahkan ke Kemenkes. Tentu, Kemenkes akan membaca surat yang kami cantumkan terkait kapan kebutuhan divaksinasi dan kapan atlet akan bertanding," ucapnya.

"Itu nanti Kemenkes yang akan menentukan jadwalnya. Kami tidak bisa menentukan karena memang di prioritas awal yang divaksinasi Covid-19 itu tenaga kesehatan," tutur Zainudin Amali.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

"Di samping tenaga kesehatan, kami ingin disisipkan kebutuhan untuk atlet dan ofisial sehingga tidak ada pemisahan. Yang jelas, diutamakan bagi atlet dan ofisial yang akan berkegiatan," ujar menteri asal Gorontalo tersebut.

Timnas Indonesia U-16, U-19, U-23, dan senior memiliki agenda pada tahun ini. Timnas Indonesia U-16 akan berlaga di Piala AFC U-16 Bahrain pada Maret-April 2021. Lalu, Timnas Indonesia U-19 bakal tampil di Piala AFC U-19 Uzbekistan pada Maret 2021.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 akan tampil di SEA Games 2021 Vietnam pada 21 November-2 Desember. Adapu, Timnas Indonesia Senior akan melanjutkan sisa babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Maret-Juni 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini