Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Daftar Gejala Covid-19 Jenis Baru yang Perlu Diwaspadai

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 620 2344224 ini-daftar-gejala-covid-19-jenis-baru-yang-perlu-diwaspadai-sHotDeMtn1.jpg Ilustrasi penanganan covid-19. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEJAK Desember 2020 lalu, ketika covid-19 jenis baru muncul, para ilmuwan dan profesional medis langsung mencari sumber masalah serta mencoba melacak asalnya. Ilmuwan Inggris mengidentifikasi varian baru tersebut pada akhir Desember.

Mutasi virus corona ini diberi nama "VUI 202012/01". Ini memiliki mutasi genetik pada protein "spike" yang dapat menjadi penyebab persebaran virus secara cepat dan mudah di antara manusia.

Baca juga: WHO Ungkap 4 Mutasi Baru Virus Corona yang Menyebar di Dunia 

Hal ini artinya varian yang telah diidentifikasi di kawasan tenggara Inggris itu memiliki 17 mutasi yang memengaruhi bentuk virus, termasuk protein lonjakan yang memberi nama keluarga virus corona.

Kemudian ilmuwan dan profesional medis terus menemukan sumber masalahnya. Lalu berhasil menemukan penyebab lonjakan tiba-tiba virus corona jenis baru yang muncul di Inggris.

Nah, berikut ini empat gejala covid-19 jenis baru yang perlu diwaspadai. Pasalnya, cara membedakannya hampir sulit.

Namun, sesuai penelitian yang dilakukan ilmuwan University of Southern California, orang yang khawatir tentang varian baru virus corona dapat mencari tahu dari tanda dan gejalanya.

Baca juga: Covid-19 Jenis Baru Lebih Ganas? Begini Penjelasan Ahli UGM 

Apa saja gejala virus corona jenis baru tersebut? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari Times of India, Kamis (14/1/2021).

- Suhu tinggi

- Batuk kering dan nyeri otot

- Mual

- Diare

Follow Berita Okezone di Google News

Selain gejala-gejala tersebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah membuat daftar berbagai tanda darurat untuk covid-19, yaitu:

- Sesak napas

- Nyeri dada

- Kebingungan mental

- Ketidakmampuan untuk tetap terjaga

- Bibir atau wajah kebiruan

Baca juga: Sudah Masuk Singapura, Indonesia Waspadai Varian Baru Covid-19 

Ilustrasi virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini