Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sikat Real Madrid-Barcelona, Athletic Bilbao Tunjukkan Mampu Kompetitif

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 620 2346385 sikat-real-madrid-barcelona-athletic-bilbao-tunjukkan-mampu-kompetitif-k8ZV5tDel1.JPG Inaki Williams merayakan gol (Foto: Reuters/Marcelo Del Pozo)

SEVILLA – Penyerang Athletic Bilbao, Inaki Williams, menjadi pahlawan timnya saat mengalahkan Barcelona di Final Piala Super Spanyol, Senin (18/1/2021). Pemain berusia 26 tahun itu memberi umpan matang untuk gol pertama, sekaligus mencetak gol penentu dalam kemenangan 3-2 tersebut.

Puasa trofi Athletic Bilbao dalam 5,5 tahun akhirnya terbayar lunas. Secara kebetulan, lawan yang mereka hadapi dan piala yang diraih identik dengan saat itu. Pada musim panas 2015, Los Leones merengkuh trofi Piala Super Spanyol usai menaklukkan Barcelona.

Kali ini, lawan yang sama berhasil ditaklukkan pada final yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Sevilla. Kemenangan itu sekaligus menjadi pertanda skuad Athletic Bilbao pantas berdiri sejajar dengan kesebelasan papan atas Liga Spanyol.

Baca juga: Kalah dari Athletic Bilbao, Lini Belakang Barcelona Jadi Sorotan

Inaki Williams mencetak gol kemenangan (Foto: Athletic Bilbao)

Sebelum mengalahkan Barcelona di final, Athletic Bilbao lebih dulu menyingkirkan Real Madrid. Tidak heran, Inaki Williams begitu girang dengan keberhasilan timnya mengangkat trofi. Apalagi, ia mampu berperan penting dalam mencetak gol kemenangan.

“Kami menunjukkan dapat bersaing dengan tim mana saja. Mereka tidak bisa menjatuhkan kami. Secara pribadi, saya sungguh berbahagia. Ketika saya dibutuhkan, saya ada di sana dan mampu mencetak gol,” tutur Inaki Williams, dilansir dari laman resmi Athletic Bilbao, Senin (18/1/2021).

“Upaya keras dan kelelahan tidak membuat kami lengah. Kami tidak pernah menerima kekalahan. Itu adalah gaya sepakbola kami dan ketika mampu berjuang bersama, kami sangat sulit dikalahkan,” tegas pria berkebangsaan Spanyol itu.

Kemenangan itu juga membuat pelatih anyar Marcelino Garcia Toral bergembira. Betapa tidak, ia baru ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Gaizka Garritano yang dipecat akhir Desember 2020. Karena itu, Marcelino memuji daya juang anak asuhnya, terkhusus kepada Inaki Williams.

Athletic Bilbao mengakhiri puasa trofi (Foto: Reuters)

“Semua karena pemain. Mereka pantas ada di sini setelah kerja keras sepanjang musim lalu. Menjadi juara setelah mengalahkan Real Madrid dan Barcelona, itu adalah pencapaian yang luar biasa,” papar Marcelino Garcia Toral.

“Gol (Inaki) Williams adalah penentunya. Dia mencetak sebuah gol dari pergerakan yang indah. Itu adalah penyelesaian akhir yang luar biasa,” puji pria berusia 55 tahun tersebut.

Trofi tersebut sekaligus menjadi perwujudan sesumbar Marcelino Garcia Toral sebelum Piala Super Spanyol digelar. Ia terang-terangan mengatakan bahwa tujuan Athletic Bilbao adalah untuk meraih gelar juara, bukan sekadar menembus final atau cukup mengalahkan Real Madrid di semifinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini