Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi: Sakit Mata Bisa Jadi Gejala Positif Terinfeksi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 620 2348269 studi-sakit-mata-bisa-jadi-gejala-positif-terinfeksi-covid-19-9ajA9uGrdp.jpg Ilustrasi sakit mata bisa jadi gejala positif terpapar covid-19. (Foto: Medicaldaily)

BEBERAPA gejala paling umum dari virus corona atau covid-19 adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Namun sebuah studi mendapati sakit mata juga termasuk gejala covid-19. Meskipun virus corona awalnya menyerang paru-paru dan merupakan penyakit pernapasan, covid-19 juga diketahui berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konjungtivitis ditambahkan ke daftar gejala covid-19 yang kurang umum. Namun, studi baru yang diterbitkan dalam BMJ Open Ophthalmology mengungkapkan sakit mata sebagai gejala paling signifikan yang diamati pada pasien covid-19.

Baca juga: Penelitian Ungkap Gejala Covid-19 Bisa Diketahui dari Kuku dan Daun Telinga 

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa gejala mata lazim dialami sebanyak 4 hingga 31 persen penderita covid-19, tetapi mungkin tidak dilaporkan karena biasanya tak terlalu parah atau fatalistik.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di China menemukan bahwa anak-anak yang menderita covid-19 juga mengalami masalah mata, termasuk keluarnya cairan konjungtiva, menggosok mata, dan kongesti konjungtiva.

Sementara studi tersebut mendapati 18 persen pasien covid-19 mengalami fotofobia yang berarti kepekaan terhadap cahaya, sementara 16 persen mengalami sakit mata, dan 17 persen merasakan mata gatal.

Baca juga: Kenali Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19 

"Gejala mata paling signifikan yang dialami oleh orang yang menderita covid-19 adalah sakit mata. Gejala lain yang terkait dengan jenis konjungtivitis lain, seperti keluarnya lendir dan mata berpasir yang terkait dengan infeksi bakteri. Istilah 'konjungtivitis' terlalu luas dan harus digunakan dengan hati-hati," ungkap penulis studi baru ini, seperi dikutip dari Times of India, Kamis (21/1/2021).

Selain sakit mata, gejala umum dari virus corona jenis baru terus meningkat dan berkembang. Mulai demam, kelelahan, hingga batuk kering. Ada juga masalah pencernaan yang tidak biasa dan hilangnya indera penciuman serta perasa juga telah ditambahkan ke daftar panjang gejala terkait covid-19.

Berikut ini beberapa gejala yang bisa dialami penderita covid-19 jenis baru:

- Demam

- Batuk kering

- Sakit tenggorokan

- Hidung berair dan tersumbat

- Nyeri dada dan sesak napas

- Kelelahan

- Infeksi saluran cerna

- Hilangnya indera penciuman dan perasa

Baca juga: Catat! Ini 11 Gejala yang Muncul karena Covid-19 Jenis Baru 

Jika Anda adalah seseorang yang merasa tidak enak badan atau terus-menerus batuk, maka harus mengisolasi diri setidaknya selama 1 minggu. Jika mengalami mata merah atau sakit mata bersama dengan tanda-tanda lain dari covid-19, Anda harus didiagnosis dan harus tetap diisolasi selama 14 hari.

Kemudian mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, selalu praktikkan jaga jarak sosial dan lakukan semua tindakan pencegahan. Bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini