Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NTB dan Bali Sepakat Kerjasama Bangun Pariwisata

Antara, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 620 2348285 ntb-dan-bali-sepakat-kerjasama-kembangkan-pariwisata-USNGY4tjXO.JPG Pesona bahari Lombok, NTB (Foto: Instagram/@heyokochetanaka)
A A A

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Pemprov Bali menyepakati perjanjian kerjasama di berbagai sektor, salah satunya bidang pariwisata.

"Rencananya Pemprov Bali dalam beberapa waktu ke depan akan berkunjung ke NTB untuk melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua daerah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi di Mataram, Rabu kemarin.

Gita mengatakan, dalam PKS nanti prinsipnya menyepakati pola-pola kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan antara Provinsi NTB dan Provinsi Bali.

Baca juga: 8 Kuliner Khas Sumedang, Enggak Cuma Tahu Goreng Loh!

Rencananya beberapa sektor yang akan dikembangkan dalam perjanjian kerjasama tersebut di antaranya sektor pariwisata, pertanian, peternakan, perindustrian, perdagangan, perhubungan, ataupun Koperasi UMKM dan lainnya. Perjanjian kerjasama akan dilangsungkan pada Jumat 29 Januari 2021 di Mataram.

"Rencananya juga akan dirangkaikan dengan pameran potensi pariwisata NTB, potensi pertanian, peternakan, perdagangan, perindustrian ataupun kesiapan konektivitas jalur sarana dan prasarana perhubungan yang dimiliki NTB. Selain itu Dekranasda NTB juga akan menggelar fashion show hasil-hasil industri tenun tradisional yang dimiliki NTB baik yang ada di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa," tuturnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan silaturahmi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah ke Gubernur Bali, Wayan Koster kedua belah pihak memastikan komitmennya untuk bisa membangun sinergi dan kolaborasi dalam rangka mendukung seluruh persiapan MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika.

Follow Berita Okezone di Google News

Zulkieflimansyah menilai pengembangan pariwisata antara Bali dan NTB sudah tidak lagi tentang kompetisi, tetapi bagaimana membangun kolaborasi untuk membangun pariwisata secara bersama-sama.

Sementara Gubernur Bali, Wayan Koster juga sangat mendukung terciptanya konektivitas yang lebih baik antara Bali-NTB pada masa-masa mendatang.

"Karena itu perlu didisain dengan baik konektivitasnya. Tidak untuk bersaing tapi sinergi dan terkoneksi," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini