Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 5 Pengobatan Rumahan Ini untuk Hilangkan Gatal di Kulit

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 620 2349164 lakukan-5-pengobatan-rumahan-ini-untuk-hilangkan-gatal-di-kulit-ofysmEIFFe.jpg Ilustrasi kulit gatal. (Foto: Huffingtonpost)

BERCAK merah yang menimbulkan gatal di kulit dapat sangat mengganggu. Umumnya kondisi seperti itu disebabkan gigitan serangga, alergi, stres, atau kulit sensitif.

Pruritus, atau yang disebut kulit gatal, bisa membuat seseorang tidak nyaman atau bahkan frustrasi. Menurut National Eczema Association (NEA), orang yang sering mengalami gatal di kulit mungkin mengalami kesulitan tidur dan menjadi depresi atau cemas.

Baca juga: Mitos dan Fakta Dermatitis Atopik, Ini Penjelasan Dokter 

Mereka mungkin juga menggaruk kulitnya dengan keras dan menyebabkan jadi lebih rentan infeksi. Untungnya, banyak pengobatan alami yang bisa membantu meredakan gatal di kulit ini.

Mengutip dari Medical News Today, Jumat (22/1/2021), berikut lima pengobatan ala rumahan yang dapat mengurangi gatal di kulit.

1. Mengoleskan mentol

Mentol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman dari keluarga mint. Minyak ini memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta gatal.

Sebuah studi pada 2012 menyelidiki apakah minyak peppermint, yang mengandung mentol, dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil. Peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang diresapi dengan konsentrasi minyak peppermint 0,5 persen. Kelompok lainnya menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak tersebut ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak infus peppermint memiliki penurunan tingkat kegatalan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan produk lain.

Minyak pereda gatal di kulit. (Foto: Medical News Today)

2. Mendinginkan bagian yang gatal

American Academy of Dermatology menyarankan bahwa cara yang baik untuk meredakan kulit gatal adalah dengan mengoleskan kain basah yang dingin atau mengompres es ke area yang gatal selama 5 sampai 10 menit.

Pendinginan ini dapat membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan rasa gatal. Pilihan lainnya adalah menyimpan krim dan lotion pelembab di lemari es yang akan memiliki efek pendinginan langsung saat Anda mengoleskannya ke kulit.

Baca juga: Manfaat Baking Soda, Jadi Obat Kumur hingga Meringankan Kulit Gatal 

3. Oatmeal koloid

Oatmeal koloid dapat meredakan gatal dan kekeringan pada kulit. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang digiling halus sehingga dapat dilarutkan dalam air. Hal ini dapat membentuk penghalang atau pelindung pada permukaan kulit yang membantu menyegel kelembapan.

Oatmeal koloid juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Keduanya bisa membantu mengurangi iritasi kulit. Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa oatmeal koloid mengurangi penskalaan, kekeringan, kekasaran, dan intensitas gatal pada wanita sehat dengan rasa gatal ringan hingga sedang.

4. Pakai soda kue saat mandi

Soda kue memiliki khasiat antijamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ini adalah pengobatan efektif untuk berbagai kondisi kulit berjamur yang dapat menyebabkan gatal-gatal.

NEA merekomendasikan untuk menambahkan seperempat cangkir soda kue ke dalam bak mandi dengan air hangat. Lalu jika ingin cara yang lebih efektif, Anda cukup mencampur soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta yang dapat dioleskan langsung ke area gatal.

Baca juga: Waspada, Kulit Gatal dan Memerah Bisa Jadi Gejala COVID-19 yang Tak Terdeteksi 

5. Menghindari iritasi

Menurut American Academy of Dermatology, orang harus menghindari kemungkinan iritasi karena dapat memperburuk rasa gatal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan iritasi dan harus dihindari:

- Perubahan suhu dan kelembapan

Perubahan suhu dan kelembapan yang ekstrem dapat mengeringkan kulit, menyebabkan pengelupasan dan gatal-gatal. Humidifier dapat membantu menjaga kelembaban dalam ruangan di bulan-bulan musim panas yang kering. Ini juga dapat membantu menangkal efek pengeringan dari pemanas sentral selama musim dingin.

- Produk perawatan kulit dengan pewangi

Beberapa produk perawatan kulit mengandung zat aditif, seperti pewangi dan pewarna buatan, yang dapat menyebabkan atau memperburuk iritasi kulit. Seseorang dengan kulit gatal atau kulit yang sensitif, harus menggunakan produk perawatan kulit yang bebas pewangi dan bebas pewarna.

- Wol dan serat sintetis

Pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis dapat terasa kasar di kulit, menyebabkan gatal dan iritasi. Orang dengan kulit gatal dapat memilih untuk mengenakan pakaian katun yang longgar jika memungkinkan. Pakaian dengan bahan seperti ini memungkinkan kulit bernapas dan mencegah panas yang berlebih pada kulit.

- Stres

Studi menunjukkan bahwa stres psikologis bisa memicu rasa gatal. Orang yang mengalami peningkatan rasa gatal pada saat stres dapat mencoba teknik pengurangan stres tertentu, seperti yoga dan meditasi atau semacamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini