Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan 4 Tahun, Epidemiolog Sebut Kita Harus Pakai Masker Selamanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 620 2349956 bukan-4-tahun-epidemiolog-sebut-kita-harus-pakai-masker-selamanya-JVjMgtGBp8.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 yang belum hilang juga di 2021, memang memaksa orang terus menggunakan masker saat keluar rumah. Tapi, apakah jika semua sudah mendapat vaksin maka masker tidak lagi diperlukan?

Akademisi Universitas Airlangga, Agung Dwi Wahyu Widodo, menyatakan bahwa orang Indonesia akan menggunakan masker hingga 4 tahun mendatang, alias sampai 2025.

Pendapatnya itu berlandaskan pada kejadian pandemi yang pernah terjadi sebelumnya yaitu pada 1918. Dari kejadian itu, diperlukan 4 tahun sampai wabah benar-benar hilang.

Namun, anggapan lain pernah disampaikan Ketua Departemen Epidemiologi Penyakit Mikroba di Yale School of Public Health, Albert Ko. Menurutnya, semua orang akan menggunakan masker untuk selamanya.

"Orang-orang mesti menerima kenyataan bahwa masker akan menjadi bagian dari kehidupan kita semua tanpa batas," ujarnya pada The Atlantic, dikutip dari Huffpost. Beberapa ahli mengatakan penggunaan masker diwajibkan sekalipun vaksinasi sudah berlangsung.

Ko mengatakan bahwa dengan terus memakai masker, penyebaran virus bisa ditekan. Selain itu, semakin sering orang-orang pakai masker, tingkat penerimaan pun semakin baik. Maksudnya, orang-orang tidak akan mengeluh lagi karena pakai masker.

Ke depannya, sambung Ko, bukan soal inovasi bentuk masker yang akan terus berkembang, tetapi para peneliti pun akan menemukan cara yang lebih inovatif untuk mempromosikan penggunaan masker ke semua generasi.

Penggunaan masker sendiri sudah terbukti mampu menghalau paparan virus penyakit, termasuk Covid-19. Tentunya, jika masker dipakai dengan benar dan jenis masker yang dipilih bukan dari bahan skuba atau masker kain satu lapis.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini