Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Rajin-Rajin Makan Buah Ceri, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 620 2350047 yuk-rajin-rajin-makan-buah-ceri-ini-5-manfaatnya-untuk-kesehatan-RwdlXLavBs.jpg Buah ceri memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: xb100/Freepik)
A A A

SEMUA orang pasti mengenal buah ceri. Buah dengan rasa sedikit asam ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rasa buah ceri yang manis dan asam seringkali dijadikan campuran makanan penutup. Namun tahukah Anda, mengonsumsi buah ceri secara langsung akan lebih bermanfaat?

Baca juga: Mengenal Gangina, Teknik Simpan Anggur Supaya Segar Lebih dari 6 Bulan 

Mengutip dari BBC, memakan 14 buah ceri setara dengan 1 dari 5 asupan porsi Anda sehari. Buah ini juga kaya serat, vitamin, dan mineral; termasuk potasium, kalsium, dan asam folat.

Lalu apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut ini lima di antaranya.

Buah ceri. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1. Memulihkan tubuh setelah olahraga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa meminum jus ceri yang asam selama tujuh hari sebelum dan selama melakukan lari berat bisa meminimalisasi nyeri otot pasca-lari dan mempercepat pemulihan fungsi otot.

Baca juga: Deretan Buah yang Bagus untuk Diet 

2. Mengurangi sakit asam urat

Meminum jus ceri selama dua hari bisa menurunkan risiko serangan asam urat. Selain itu, penelitian menyarankan untuk meminumnya selama empat bulan untuk mengurangi serangan akut. Berguna juga bagi yang sehat untuk menurunkan kadar asam urat pada darah.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Mengurangi tekanan darah

Hasil penelitian dari British Journal of Nutrition menemukan jus ceri bisa mengurangi tekanan darah karena kandungan polifenolnya yang tinggi.

Baca juga: Makan 1 Alpukat Sehari, Manfaat Besar Ini Akan Didapat 

Buah ceri. (Foto: xb100/Freepik)

4. Mengurangi radang sendi

Ceri diperkaya antioksidan yang dikenal juga antosianin dan sianidin yang memiliki efek antiinflamasi. Antioksidan adalah senyawa penting untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian, senyawa ini bisa mengurangi radang sendi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Ceri asam tinggi akan fitokimia utama dan melatonin yang terlibat dalam pengaturan siklus tidur manusia. Jus ceri asam cocok bagi mereka yang memiliki masalah tidur, ingin meningkatkan kualitas dan durasi tidur, memiliki gangguan tidur, dan insomnia.

Baca juga: Kurang Makan Buah dan Sayuran, Tubuh Bisa Alami 6 Efek Buruk Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini