Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan? Atasi dengan 4 Cara Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 29 Januari 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 620 2352891 kulit-kering-akibat-sering-cuci-tangan-atasi-dengan-4-cara-ini-LcHztvaWKw.jpg Ilustrasi cuci tangan. (Foto: Medical News Today)

KULIT kering akibat sering cuci tangan kini dialami banyak orang. Pasalnya selama masa pandemi covid-19, masyarakat diwajibkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya wajib rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer usai memegang benda yang dianggap jadi sumber penularan virus corona.

Memang rajin cuci tangan disebut efektif menjauhkan diri dari virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19. Namun, keseringan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer juga berdampak pada kesehatan kulit lho. Ya, kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah akibat terlalu sering dicuci. Lantas bagaimana mengatasinya?

Baca juga: Cek Fakta, Hand Sanitizer Efektif Bersihkan Tangan Kotor Usai Makan? 

Mengutip dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 Indonesia @satgas.relawan, Jumat (29/1/2021), berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit tangan kering akibat sering cuci tangan saat masa pandemi covid-19. Yuk disimak

1. Pakai sabun yang tepat.

Sebaiknya menggunakan sabun cair biasa ketimbang sabun batangan. Sebab, sabun batang biasanya memiliki pH tinggi yang bisa membuat kulit kering.

2. Gunakan air biasa

Pakai air biasa yang mengalir untuk membilas tangan. Sebab, air hangat atau panas lebih mudah menghilangkan minyak alami di kulit tangan.

Baca juga: Yuk Rajin Cuci Tangan, 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah Lho 

3. Keringkan tangan dengan tepat

Hindari mengeringkan tangan dengan kain atau tisu. Cukup tepuk-tepuk tangan dengan lembut agar kulit tangan tidak lecet.

4. Pakai pelembap

Gunakan krim atau salep pelembab kulit yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini