Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Khasiat Air Jahe, Nomor 2 Paling Penting di Masa Pandemi Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 620 2354569 deretan-khasiat-air-jahe-nomor-2-paling-penting-di-masa-pandemi-ini-KceUAvbYRG.jpg Khasiat air jahe untuk kesehatan tubuh ternyata cukup banyak. (Foto: Jcomp/Freepik)
A A A

KHASIAT air jahe untuk kesehatan tubuh manusia ternyata cukup banyak. Selain bisa menghangatkan tubuh, air jahe ternyata juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Orang Indonesia memang gemar membuat air jahe sebagai obat. Dengan meminum air jahe akan menghangatkan tubuh. Jika mengonsumsinya secara teratur bisa memperlancar pencernaan, menambah kekebalan tubuh, mengobati flu dan infeksi, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja? 

Sangat mudah membuat air jahe. cukup memotong jahe menjadi irisan tipis dan merebusnya di air panas selama 15 menit. Setelah dingin, bisa ditambahkan jus lemon. Minumlah segelas air jahe di pagi hari dan segelas lagi sebelum makan malam.

Selain menghangatkan tubuh, berikut ini khasiat lain air jahe untuk kesehatan tubuh, sebagaimana dikutip dari Times of India.

Air jahe. (Foto: NDTV)

1. Mencegah flu

Jahe secara tradisional telah digunakan dalam berbagai budaya berkat manfaatnya. Minum air jahe dapat membantu melindungi dari flu dan pilek. Pasalnya, jahe memiliki khasiat ekspektoran yang membantu meredakan hidung tersumbat dan tenggorokan. Minum air jahe akan mengeringkan lendir yang berlebihan dan merangsang pembuangannya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikarenakan jahe memiliki sifat antibakteri yang sangat baik, minum air jahe bisa menjadi cara yang sangat mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan. Ini tidak hanya membantu melawan banyak infeksi, tetapi juga melindungi dari banyak penyakit kronis. Air jahe juga bisa mengurangi peradangan atau membantu meredakan sakit tenggorokan.

Baca juga: Pagi-Pagi Minum Teh Jahe Yuk, 6 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapat 

3. Turunkan berat badan

Air jahe adalah ramuan ajaib yang dapat membantu menurunkan berat badan. Ini merangsang pembakaran lemak di tubuh. Dengan demikian, memberikan cara alami untuk mencapai berat badan ideal. Air jahe bagus untuk membakar lemak dari beberapa area tersulit untuk menurunkan berat badan seperti perut, lengan, pinggul, serta paha.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Memiliki sifat anti-inflamasi

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Dengan demikian, air jahe bisa bermanfaat dalam banyak hal. Ini dapat membantu mengurangi nyeri otot dan juga memberikan kenyamanan dari nyeri sendi. Efek ini tidak langsung tetapi berlangsung selama beberapa hari. Dengan demikian, efek anti-inflamasi air jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis.

5. Menurunkan kolesterol

Orang dengan masalah jantung dianjurkan mengonsumsi jahe. Telah ditemukan dalam sebuah penelitian tahun 2014 bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Kadar LDL yang tinggi atau kolesterol jahat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Jadi, air jahe dapat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol tersebut dan selanjutnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 4 Kreasi Minuman Sehat dari Jahe, Berkhasiat Jaga Kekebalan Tubuh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini